Selasa, 04 Desember 2018

Inilah Fungsi Penting Tutup Radiator

Inilah Fungsi Penting Tutup Radiator

Saputranett - Jangan pernah anggap remeh fungsi dari tutup radiator. Karena komponen ini adalah satu komponen penting yang harus ada pada kendaraan anda. Karena pada tutup radiator ini terdapat mekanisme pengatur suhu dan bila mekanisme tersebut tidak berjalan maka tentunya bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada kendaraan anda.

Cara Kerja Tutup Radiator

Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan air didalam sistem pendinginan. Pada temperatur kerja, air sistem pendinginan bertekanan 80- 120 kPa (0.8-1.2bar). Dengan tekanan air melebihi tekanan atmosfir, lebih 80- 120kPa (0.8-1.2bar), maka titik didih air pendingin dapat naik mencapai 120 derajat Celcius, maka sistem pendinginan menjadi lebih aman, karena air tidak cepat mendidih.

Fungsi Tutup Radiator


Tutup Radiator Saat Mesin Panas

Saat mesin/motor hidup dan menjadi panas (mencapai temperatur kerja), maka temperatur dan tekanan air pendinginan akan naik dan volume air mengembang, maka katup pelepas hermostat akan membuka pada tekanan ‘teknik’ 80- 120kPa (0.8-1.2bar), maka air akan mengalir ke tangki reservoir sampai berhenti ketika katup pelepas tutup kembali pada tekanan air dalam radiator turun
dibawah 80-120kPa (0.8-1.2bar).

Tutup Radiator Saat Mesin Dingin

Pada saat mesin/motor dimatikan, maka semakin lama temperatur mesin dan juga air akan semakin turun bahkan mencapai temperatur udara luar. Akibatnya volume air pendingin semakin menyusut dan berkurang, maka akan terjadi ruang kosong dan vakum (dibawah tekanan atmosfir) diatas permukaan air pendingin dalam radiator, maka katup vakum termostat akan membuka, akibatnya air
pendingin dalam tangki reservoir yang bertekanan atmosfir akan mengalir (terisap) masuk memenuhi ruang dalam radiator, bersamaan dengan proses tersebut kevakuman diatas air dalam radiator semakin hilang dan katup vakum kembali tertutup.

Kerusakan dan Gangguan Karena Tutup Radiator

Apabila katup pelepas tidak rapat, maka tekanan sistem pendinginan kurang, sehingga temperatur didih air rendah, artinya air cepat mendidih. Bila katup pelepas tidak membuka, tekanan sistem pendinginan terlalu tinggi, akibatnya slang air mengembang / meledak. Bila katup vakum tidak membuka, akan timbul vakum pada saat motor menjadi dingin , akibatnya slang-slang air akan mengempis.

Nahh.. jadi tahu khan pentingnya tutup radiator pada kendaraan kita. So, jangan anggap remeh lagi fungsi tutup radiator tersebut sebagai komponen yang fungsinya "cuma" sebagai tutup. Semoga bermanfaat...

Salam otomotif.........