Senin, 17 Desember 2018

Fungsi Penting Tune Up untuk Kendaraan

Fungsi Penting Tune Up untuk Kendaraan

Saputranett - Bagi anda pemilik kendaraan bermotor, entah itu mobil atau sepeda motor, jangan melupakan tune up untuk kendaran anda. Tune up adalah kegiatan pemeriksaan, penyetelan, penggantian, perbaikan, pembersihanan komponen-komponen mesin kendaraan. Tune ap ini adalah sebagai tindakan untuk merawat kendaraan  secara rutin atau berkala agar kinerja mesin dapat selalu optimal dan berada pada performa terbaiknya.

Semua kendaraan yang digunakan untuk beroperasional, lama kelamaan kondisi performa kendaraan tersebut akan menurun. Oleh karena itu setiap kendaraan yang digunakan diharuskan untuk dilakukan perawatan. Perawatan dalam kurun waktu tertentu dan dilakukan secara rutin disebut dengan tune up atau juga sering disebut dengan istilah servis berkala.

Fungsi Tune Up

Dengan melakukan tune up kendaraan secara rutin dan berkala akan memberikan manfaat besar pada kendaran anda. Berikut ini adalah hal hal positif yang anad dapatkan bila melakukan tune up kendaraan secara rutin :

1. Tune up Menjaga kondisi dari mesin agar tetap awet

Fungsi tune up yang pertama adalah untuk menjaga kondisi mesin tetap awet. Perawatan kendaraan yang dilakukan secara rutin akan membuat kondisi komponen-komponen mesinnya berumur lebih lama dibandingkan kendaraan yang jarang dirawat.

2. Tune up Memaksimalkan performa mesin

Fungsi dari tune up kendaraan yang kedua adalah memaksimalkan performa mesin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kendaraan yang terus dipakai lama-kelamaan akan menurun performanya, sehingga dengan melakukan pekerjaan tune up akan membuat performa mesin meningkat atau performa mesin maksimal.

3. Tune up Menghindari kerusakan yang lebih parah

Fungsi tune up yang ketiga adalah untuk menghindari kerusakan komponen-komponen mesin lainnya yang lebih parah.

Ketika kondisi mesin sudah menurun dan komponen-komponen mesin sudah minta diganti atau disetel kembali namun pemilik tidak melakukannya maka justru hal tersebut akan membuat komponen-komponen mesin lainnya akan mengalami kerusakan.

Oleh sebab itulah tune up harus dilakukan untuk menghindari kerusakan komponen-komponennya lebih parah.

4. Tune up Memastikan semua kondisi mesin dalam kondisi baik

Fungsi tune up yang keempat adalah untuk  memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan baik sesuai dengan nilai spesifikasinya yang artinya kendaraan selalu siap kapan saja ketika akan digunakan.

Contohnya, ketika akan menhidupkan kendaraan sekali melakukan starter kendaraan langsung hidup dan tidak perlu melakukan starter berulang-ulang.

5. Tune up Menghemat biaya perawatan kendaraan

Fungsi tune up yang kelima adalah menghemat biaya untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Kenapa melakukan tune up secara berkala dapat menghemat biaya perawatan kendaraan? Hal tersebut dikarenakan dengan melakukan tune up secara berkala dapat menghindari resiko komponen-komponen mesin kendaraan lebih parah.

Ketika komponen-komponen mesin tersebut rusak parah, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perbaikan akan bertambah.

6. Tune up Menghindari macet ketika dalam perjalanan

Fungsi tune up yang keenam adalah untuk menghindari agar kendaraan tidak macet secara tiba-tiba ketika sedang dikendarai.

Karena begitu pentingnya Tune up untuk kendaran anda, jadi jangan lupakan kegiatan yang satu ini ya. Semoga kendaraan anda selalu dalam kondisi prima.

Salam otomotif...