Kamis, 01 November 2018

Fungsi Cylinder Head dan Komponennya pada Mesin

Fungsi Cylinder Head dan Komponennya pada Mesin

Saputranett - Salah satu bagian utama pada mesin kendaraan yang sangat penting adalah Cylinder head atau kepala silinder.

Cylinder head atau Kepala silinder memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :

  • Cylinder head sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara.
  • Kepala silinder sebagai tempat pemasangan mekanisme katup (pada motor 4 tak).
  • Cylinder head sebagai tempat untuk memasang busi (pada motor bensin).
  • Kepala silinder sebagai tempat untuk pemasangan saluran masuk (intake manifold) dan saluran buang (exhaust manifold).
  • Cylinder head sebagai tempat pemasangan saluran air pendingin atau water jacket.
  • Kepala silinder sebagai tempat oli pelumas untuk bersirkulasi (kecuali pada motor 2 tak).
Mekanisme katup pada kepala silinder terdapat terdiri dari beberapa komponen, seperti katup, spring, valve guide, valve seat, dan lain sebagainya. Ada beberapa macam mekanisme katup yang digunakan pada mobil-mobil saat ini, seperti ohv, ohc, dohc dan lain sebagainya.


Fungsi dari komponen-komponen dari cylinder head adalah sebagai berikut :

  1. Spark plug (Busi): Untuk menghasilkan loncatan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. 
  2. Adjusting shim: penyetel celah katup
  3. Valve guide: sebagai penghantar gerakan katup
  4. Gasket: sebagai perapat antara kepala silinder dan block silinder, agar tidak terjadi kebocoran.
  5. Water jacket: sebagai saluran air pendingin dalam mendinginkan komponen komponen mesin.
  6. Cylinder block: untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya.
  7. Valve lifter: disebut juga pengangkat katup
  8. Exhaust valve (katup buang) : berfungsi untuk menutup dan membuka saluran buang (exhaust manifold).
  9. Intake valve (Katup hisap) : untuk membuka dan menutup saluran masuk (Intake Manifold). Katup hisap ukurannya lebih besar daripada katup buang.
  10. Piston (Torak) : untuk merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik 
  11. Combustion chamber (Ruang Bakar) : sebagai tempat pembakaran
  12. Valve seat : sebagai tempat dudukan kepala katup
  13. Oil seal : Sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.
  14. Valve keepers: sebagai pengunci antara katup dengan pegas katup.
  15. To exhaust manifold : berhubungan dengan exhaust manifold
  16. To intake manifold : berhubungan dengan intake manifold.

Cylinder Head atau Kepala silinder ini dipasangkan langsung di atas blok silinder dengan menggunakan perapat gasket untuk mencegah terjadinya kebocoran, baik kebocoran oli pelumas, kebocoran kompresi, kebocoran gas pembakaran dan lain sebagainya. Pemasangan antara kepala silinder dan blok silinder digunakan sambungan baut. Untuk melakukan pelepasan dan pemasangan kepala silinder maka pengendoran dan pengencangan baut tidak boleh sembarangan, harus dilakukan sesuai dengan prosedur dengan urutan tertentu dan dengan beberapa tahapan.
Fungsi Cylinder Head

Kepala silinder ini harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama mesin beroperasi. Maka dari itu pada umumnya kepala silinder ini terbuat dari besi tuang yang tahan terhadap temperatur dan tekanan tinggi. Namun pada akhir-akhir ini, banyak mesin yang menggunakan kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium ini memiliki keuntungan dari pada yang terbuat dari besi tuang yaitu memiliki kemampuan pendinginan yang lebih besar.
Kerusakan Cylinder Head yang sering terjadi adalah kepala silinder menjadi melengkung. hal tersebut sering terjadi karena pendinginan kurang sehingga temperatur mesin terlalu tinggi (over heating). Apabila kepala silinder melengkung maka akan menyebabkan terjadinya kebocoran, salah satunya adalah kebocoran air pendingin dan oli pelumas sehingga antara air pendingin dan oli pelumas dapat bercampur. Ketika oli pelumas bercampur dengan air pendingin maka kualitas dari oli pelumas akan menurun dan fungsi dari oli pelumas pada mesin tidak akan maksimal.

Jadi, jaga selalu kondisi mesin agar tidak terjadi over heating dan over heating ini dapat terjadi ketika jumlah air pendingin kurang, oli pelumas kurang, modifikasi mesin dengan menaikkan tekanan kompresi dan lain sebagainya.

Semoga saja bermanfaat ulasan mengenai Fungsi Cylinder Head dan Komponennya pada Mesin.

Salam Otomotif...