Rabu, 24 Oktober 2018

Efek Samping Mencampur Bahan Bakar


Efek Samping Mencampur Bahan Bakar

Saputranett – Banyak biker ataupun pengguna kendaraan lain melakukan kebiasaan mencampur bahan bakar, misalnya saja mencampur bensin pertalite dengan pertamax. Hal tersebut dilakukan dengan maksud ingin mendapatkan angka oktan lumayan tinggi dengan harga terjangkau.

Efek Mencampur Bahan Bakar

Lalu, apakah aman bila kita mencampur bahan bakar dengan tipe yang berbeda? Dan apa efek samping mencampur bahan bakar dengan tipe yang berbeda?

Harap diketahui saja, ternyata mencampur bensin berbeda tipe ini ternyata berbahaya. Telah dilakukan penelitian oleh dosen teknik mesin ITB. Meskipun secara pengeluaran jadi lebih hemat namun kebiasaan mencampur bahan bakar dengan tipe yang berbeda ini ternyata dapat menimbulkan efek negatif.

Misalkan saja bisa mencampur bahan bakar premium dan pertalite. Pada premium tidak memiliki zat aditif, maka jika dicampur dengan Pertalite RON 90 misalnya, zat aditif yang ada di Pertalite akan berkurang dan berpotensi menimbulkan kerak.

Efek Mencampur Bahan Bakar

Bertumpuknya kerak mulai dari banyaknya kerak di piston, kepala silinder dan sekeliling payung klep ini akan menimbulkan knocking atau ngelitik dan performa mesin yang turun drastis. Selain menimbulkan kerak pada ruang bakar, proses akibat mencampur bahan bakar ini juga berpengaruh langsung terhadap kinerja mesin. Kerja mesin motor jadi tidak optimal, yang terjadi konsumsi bahan bakar pun semakin boros.

Pada saat ini memang lebih baik pakai pertamax atau tipe diatasnya dibandingkan premium untuk sistem pembakaran pada mesin. Namun jangan lupa disesuaikan juga dengan usia kendaraan juga ya. 

Maka dari itu, lebih baik bila kita hanya menggunakan salah satunya saja, tanpa harus mencampur premium dan pertamax, sebab hal itu akan membuat sistem kerja mesin lebih stabil.

Semoga bermanfaat. Salam oromotif....