Rabu, 24 Oktober 2018

Belajar Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin


Belajar Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin

Saputranett – Kipas angin adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan, entah itu untuk rumah ataupun untuk kendaraan. Kipas angin pada umumnya berfungsi untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).
Cara Memperbaiki Kipas Angin

Bila kita merasa kebutuhan kipas angin sangat penting, akan lebih baik bila kita memiliki sedikit keahlian untuk memperbaiki kipas angin sendiri. Nah kali ini kita mencoba belajar memperbaiki kerusakan kipas angin sendiri. Dikutip dari beberapa sumber dikatakan bahwa memperbaiki kipas angin sangatlah mudah dan cepat.

Sebelum kita mencoba memperbaiki kerusakan kipas angin sendiri, tentunya kita harus mengenal kerusakan yang sering dialami oleh kipas angin. Kipas angin biasanya mengalami gangguan seperti dibawah ini :
  • Mati total, alias benar-benar tidak ada reaksi apapun setelah dihidupkan
  • Macet, ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan
  • Tidak bisa bolak belok, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap
  • Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga
  • Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan
  • Dan lain-lain

Kerusakan-kerusakan pada kipas angin tersebut biasanya diakibatkan oleh :
  • Ada sambungan kabel yang putus
  • Kerusakan pada kapasitor
  • Kerusakan pada motor listrik (dinamo)
  • Kerusakan pada bos dan rotor
  • Gigi gear box yang sudah aus
  • Saklar tekan yang berkarat

 Langkah langkah memperbaiki kerusakan kipas angin :

1. Kerusakan kipas angin tidak bisa berputar / berputar lambat dan terdengar suara dengung di dalam kipas.

Hal ini terjadi bisanya dikarenakan bushing atau bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bearing yang sudah rusak biasanya tidak bisa lagi diperbaiki dikarenakan pengunci penutup bearing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bearing dipasaran sekitar lima belas ribu rupiah. Tergantung ukurannya juga ya.

Bentuk bearing yang sudah rusak biasanya berwarna hitam seperti terbakar. Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini tidak bagus maka sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakkan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan karena kehausan. Selain itu juga karena getaran keras.

Cara mengganti bushing kipas angin:

Buka semua cover atau penutup kipas lalu lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan). Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling. Tes dulu kipas anginnya dan bila sudah ok, rangkai kembali semuanya.

2. Kerusakan kipas angin mati total

Kipas angin yang mati total ditandai dengan bila tombol di ON dipencet, baling-baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya (seperti tidak ada arus listik yang masuk).

Cara mengatasi kipas angin mati total :

Pertama periksa sekring, kabel power mungkin putus, cek tombol speednya, cek tombol timer bilak ada. Apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas (cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal).

3. Kerusakan kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas

Kerusakan kipas angin seperti ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester.

4. Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan.

Kerusakan kipas angin seperti ini ditandai dengan, apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dan sebagainya)

5. Kipas angin salah satu speednya mati

Misal kipas angin Anda mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati, kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.

6. Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri

Mengatasi kerusakan kipas angin seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.

7. Untuk kerusakan non tehnis

Kerusakan kipas angin ini contohnya baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti atau perbaiki dengan spare part kipas yang sudah rusak. Kita dapat mendapatkannya di tempat jual beli barang beka.

Tips : Lakukan perawatan pada kipas angin secara berkala agar tidak ada debu yang menumpuk pada kipas.

Nah.... ulasan diatas mungkin dapat membantu kita dalam belajar memperbaiki kerusakan kipas angin.  Semoga saja dapat membantu bila saja terjadi kerusakan pada kipas angin dirumah dan kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya karena sudah bisa diperbaiki sendiri.