Jumat, 03 Mei 2013

Mekanisme Katup

Metoda Menggerakkan Katup

Camshaft digerakkan oleh crankshaft
dengan 3 cara :
1. Timing gear.
2. Timing chain.
3. Timing belt.






Pengangkat Katup ( Tappet valve )

Pengangkat katup (valve lifter)
berfungsi untuk meneruskan gerakan
camshaft ke push rod.
Pada mesin yang menggunakan
lifter konvensional celah katupnya
harus distel, tetapi ada mesin
yang menggunakan hydraulic
lifter tidak perlu melakukan penyetelan
celah katup karena celahnya
selalu 0 mm.


Batang Penekan ( Push rod )

Batang penekan (push rod) berfungsi
untuk meneruskan gerakan
lifter ke rocker arm.










Rocker Arm dan Shaft

Rocker arm berfungsi untuk menekan
katup saat tertekan ke
atas oleh push rod.
Rocker arm dilengkapi skrup dan
mur pengunci untuk penyetelan
celah katup.
Pada mesin yang menggunakan
lifter hidraulis tidak dilengkapi
skrup dan mur pengunci.








Valve Timing Diagram

Valve timing diagram adalah diagram waktu kerja katup.
Valve timing diagram dipengaruhi oleh bentuk cam dan celah katup.

Celah Katup

Celah katup adalah celah yang
terdapat pada mekanisme katup
(dari camshaft sampai katup).
Apabila tidak terdapat celah
katup akan menyebabkan saat
mesin panas, pada mekanisme
katup terjadi pemuaian yang menyebabkan
katup tidak menutup
rapat