Jumat, 26 April 2013

Penyebab letupan pada knalpot

Pada waktu mesin mobil kita hidupkan kadang-kadang terdengar letupan di dalam knalpot. Kasus itu terjadi karena campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar sempurna, beberapa bagian campuran tersebut akan keluar dari silinder bersama-sama dengan gas buang sebelum  sempat terbakar diruang bakar. Oleh karena temperaturnya cukup tinggi, apabila kemudian bertemu dengan udara di dalam knalpot, besar kemungkinan akan terjadi pembakaran letupan. Berikut ini penyebabnya :

  1. Perbandingan campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya. Apabila perbandingan campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya, maka bahan bakar yang tidak sempat terbakar akan keluar dari dalam silinder menuju knalpot, sehingga besar kemungkinan terjadi pembakaran di luar.
  2. Kegagalan penyalaan. Disebabkan karena busi-busi tidak bekerja dengan baik. Apabila busi tidak bekerja dengan baik, maka bahan bakar yang tidak sempat terbakar akan keluar bersama-sama gas buang menuju knalpot.
  3. Meskipun keadaan tersebut di atas sudah diperbaiki, tapi kadang-kadang pembakaran di luar masih juga terjadi apabila ada katup-katup buang yang tidak dapat menutup sempurna sehingga ada bahan bakar yang keluar dari dalam silinder sebelum sempat terbakar. Katup-katup tidak akan menutup apabila rusak atau celah bebas katupnya (valve clearance) tidak tepat.