Jumat, 26 April 2013

Akibat pengapian tidak tepat

Mesin mobil dapat bekerja karena adanya bahan bakar, udara, kompresi, pengapian dan pembuangan. Kadang pada beberapa mobil waktu mesin hidup terdengan bunyi abnormal. Hakl ini bisa disebabkan karena pembakaran yang tidak normal. Pembakaran yang tidak normal biasanya ditandai adanya suara ketukan atau "knocking" di dalam mesin pada saat pedal gas dipijak dan jalannya kendaraan terasa tidak dapat dipercepat. Hal ini terjadi terutama pada waktu kendaraan bermuatan berat. Jika hal itu terjadi pada mobil  berikut ini beberapa penyebabnya :

  1. Apakah saat penyalaan terjadi sebelum waktunya? Apabila saat penyalaan terjadi sebelum waktunya, maka akan terdengar suara ketukan di dalam mesin. Periksa dan setel saat penyalaan yang tepat dengan memutar distributor.
  2. Penyaluran bahan bakar kurang tepat Ketukan-ketukan yang terjadi pada motor bensin sangat tergantung dari pada kwalitas bahan bakarnya, yang dalam hal tersebut diukur dengan bilangan oktan. Makin tinggi bilangan oktan dari bensin, makin kecil kemungkinan terjadinya ketukan.
  3. Mesin terlampau panas.
  4. Terlalu banyak kerak-kerak di dalam ruang bakar. Apabila terdapat banyak kerak karbon di dalam ruang bakar, maka ruang bakar akan menjadi terlampau panas, sedangkan kerak-kerak karbon tersebut juga dapat dipijar. Hal tersebut memudahkan terjadinya ketukan. Kerak-kerak karbon tersebut terjadi karena banyaknya minyak pelumas yang terbakar di dalam ruang bakar. Oleh karena itu maka kerak-kerak tersebut harus dihilangkan, yaitu dengan jalan membuka kepala silinder.