Fungsi Cylinder Head dan Komponennya pada Mesin
Saputranett - Salah satu bagian utama pada mesin kendaraan yang sangat penting adalah Cylinder head atau kepala silinder.
Cylinder head atau Kepala silinder memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :
- Cylinder head sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara.
- Kepala silinder sebagai tempat pemasangan mekanisme katup (pada motor 4 tak).
- Cylinder head sebagai tempat untuk memasang busi (pada motor bensin).
- Kepala silinder sebagai tempat untuk pemasangan saluran masuk (intake manifold) dan saluran buang (exhaust manifold).
- Cylinder head sebagai tempat pemasangan saluran air pendingin atau water jacket.
- Kepala silinder sebagai tempat oli pelumas untuk bersirkulasi (kecuali pada motor 2 tak).
Fungsi dari komponen-komponen dari cylinder head adalah sebagai berikut :
- Spark plug (Busi): Untuk menghasilkan loncatan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.
- Adjusting shim: penyetel celah katup
- Valve guide: sebagai penghantar gerakan katup
- Gasket: sebagai perapat antara kepala silinder dan block silinder, agar tidak terjadi kebocoran.
- Water jacket: sebagai saluran air pendingin dalam mendinginkan komponen komponen mesin.
- Cylinder block: untuk tempat pembakaran/tempat bekerjanya.
- Valve lifter: disebut juga pengangkat katup
- Exhaust valve (katup buang) : berfungsi untuk menutup dan membuka saluran buang (exhaust manifold).
- Intake valve (Katup hisap) : untuk membuka dan menutup saluran masuk (Intake Manifold). Katup hisap ukurannya lebih besar daripada katup buang.
- Piston (Torak) : untuk merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik
- Combustion chamber (Ruang Bakar) : sebagai tempat pembakaran
- Valve seat : sebagai tempat dudukan kepala katup
- Oil seal : Sebagai perapat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.
- Valve keepers: sebagai pengunci antara katup dengan pegas katup.
- To exhaust manifold : berhubungan dengan exhaust manifold
- To intake manifold : berhubungan dengan intake manifold.
Cylinder Head atau Kepala silinder ini dipasangkan langsung di atas blok silinder dengan menggunakan perapat gasket untuk mencegah terjadinya kebocoran, baik kebocoran oli pelumas, kebocoran kompresi, kebocoran gas pembakaran dan lain sebagainya. Pemasangan antara kepala silinder dan blok silinder digunakan sambungan baut. Untuk melakukan pelepasan dan pemasangan kepala silinder maka pengendoran dan pengencangan baut tidak boleh sembarangan, harus dilakukan sesuai dengan prosedur dengan urutan tertentu dan dengan beberapa tahapan.
Kepala silinder ini harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama mesin beroperasi. Maka dari itu pada umumnya kepala silinder ini terbuat dari besi tuang yang tahan terhadap temperatur dan tekanan tinggi. Namun pada akhir-akhir ini, banyak mesin yang menggunakan kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium ini memiliki keuntungan dari pada yang terbuat dari besi tuang yaitu memiliki kemampuan pendinginan yang lebih besar.
Jadi, jaga selalu kondisi mesin agar tidak terjadi over heating dan over heating ini dapat terjadi ketika jumlah air pendingin kurang, oli pelumas kurang, modifikasi mesin dengan menaikkan tekanan kompresi dan lain sebagainya.
Semoga saja bermanfaat ulasan mengenai Fungsi Cylinder Head dan Komponennya pada Mesin.
Salam Otomotif...