Minggu, 07 Oktober 2018

Limited Slip Differential/LSD Berdasarkan Karakteristiknya

Limited Slip Differential/LSD berdasarkan karakteristiknya

Limited Slip Differential atau LSD merupakan komponen yang dipasang dibagian unit differential atau gardan. Jika kendaraan merupakan tipe penggerak roda depan maka differential berada didepan dan jika kendaraan merupakan tipe penggerak roda belakang maka differential berada dibelakang.  Limited Slip Differential atau LSD dibagi menjadi beberapa tipe.
Limited Slip Differential

Limited Slip Differential atau LSD berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua yaitu  Limited Slip Differential atau LSD yang sensitif dengan torsi dan  Limited Slip Differential atau LSD yang sensitif dengan kecepatan.

Kemudian untuk  Limited Slip Differential atau LSD berdasarkan mekanismenya dibagi menjadi tiga tipe yaitu Viscous  Limited Slip Differential, Clutched  Limited Slip Differential dan Geared  Limited Slip Differential

1. Viscous  Limited Slip Differential
Limited Slip Differential atau LSD jenis viscous ini merupakan LSD yang menggunakan sejenis oli atau fluida yang akan mengental bila salah satu roda berputar dengan cepat karena slip sehingga dengan mengentalnya oli atau fluida ini akan menyebabkan penguncian pada differential. Oleh karena itu tenaga dari mesin dapat disalurkan ke semua roda. Namun untuk  Limited Slip Differential atau LSD tipe viscous ini memiliki kelemahan, yaitu tipe ini kurang bisa menahan slip dengan baik.

2. Clutched  Limited Slip Differential
Limited Slip Differential atau LSD jenis clutched ini merupakan jenis LSD yang bereaksi terhadap torsi poros propeller. Semakin cepat putarannya, maka penekanan clutch atau kopling akan semakin keras sehingga differential akan mengunci yang mengakibatkan putaran antara roda kanan dan kiri sama. Untuk Limited Slip Differential atau LSD tipe clutched ini kelebihannya dapat menahan slip dengan baik namun tipe ini juga memiliki kelemahan yaitu terletak pada perawatannya karena kopling pada differential ini perlu diperhatikan karena cepat terjadi keausan jika sering berjalan pada kondisi yang menyebabkan salah satu roda slip.

3. Geared  Limited Slip Differential
Limited Slip Differential atau LSD jenis geared ini merupakan jenis LSD yang menggunakan gear atau roda gigi untuk mengunci differentialnya. LSD tipe ini sangat tergantung pada torsi dan bukan pada kecepatan dari poros propellernya. Geared Limited Slip Differential sangat kuat untuk menahan slip dan bebas dari perawatan

Untuk cara kerja sistem Limited Slip Differential atau LSD dapat debedakan dalam tiga langkah berdasarkan input torsinya yaitu load, lo load dan over run
1. Load (keadaan terbebani)
Dalam kondisi ini, kinerja dari kopling putarannya sama dengan putaran poros propeller
2. No load (tidak terbebani)
Dalam kondisi ini, kinerja dari kopling akan diturunkan sehingga menjadi kopling statis
3. Over run (kecepatan berlebih)
Dalam kondisi ini, kinerja kopling mempunyai tiga kelakuan khusus, yang pertama yang cenderung kearah 1 way, yang kedua cenderung ke arah 1,5 way dan yang ketiga yang cenderung kearah 2 way.