Kamis, 14 Desember 2017

Kerusakan Pada Water Pump

Kerusakan Pada Water Pump

Kerusakan yang sering terjadi pada waterpump biasanya rusaknya seal water pump yang menyebabkan air pendingin bocor, water pump mengeluarkan suara berisik karena bearing yang rusak, dan baling-baling water pump rusak atau mengalami keausan.

Kerusakan Pada Water Pump

Saat terjadi kebocoaran dari seal water pump maka air pendingin akan keluar dari mesin, jika kebocoran ini tidak segera diperbaiki maka dapat menyebabkan problem overheat pada mesin. Biasanya pengemudi tidak menyadari hal tersebut sampai jarum penunjuk temperatur menunjukkan mesin over heat atau lampu indikator temperatur menyala. Segera matikan mesin saat mesin mengalami overheat, jika mesin yang overheat tetap dipaksakan untuk beroperasi maka dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada mesin.

Periksa semua komponen sistem pendingin (radiator, selang, water pump dll) apabila mesi pernah mengalami overheat. Jika terlihat tanda kebocoaran water pump melalui shaft atau lubang ventilasi, gantilah segera water pump.

Kerusakan Seal Water Pump

Seal yang terpasang pada shaft water pump berfungsi untuk mencegah kebocoran air pendingin mengenai bearing. Kerusakan seal water pump dapat disebabkan oleh karat dan kotoran atau sedimen yang terdapat pada air pendingin yang bersirkulasi di dalam sistem pendingin mesin.

Pada saat bekerja, shaft water pump dan bearing selalu menerima tekanan atau beban dari drive belt atau timing belt, dan juga dari fan pada kendaraan dengan desain fan dipasang pada pulley water pump. Beban tekanan yang diterima tersebut lambat laun dapat menimbulkan kerusakan pada shaft water pump dan bearing dan membuat water pump bocor.

Pada umumnya water pump produksi OEM didesain untuk dapat bertahan sampai 150.000 km lebih, namun banyak juga yang sudah mengalami kerusakan sebelum jarak tempuh tersebut. Jika shaft water pump terasa oblak dan bearing water pump mengeluarkan suara yang kasar sebaiknya water pump segera diganti walaupun belum bocor, karena biasanya tidak lama lagi pasti akan bocor.

Kerusakan Water Pump

Terkadang juga terjadi kerusakan di dalam water pump yang diakibatkan korosi pada baling-baling water pump atau baling-baling pada shaft water pump selip.

Beberapa merk mobil ada yang menggunakan baling-baling water pump dari bahan plastik untuk meningkatkan efisiensi pendinginan dan mengurangi kavitasi. Namun baling-baling dari plastik lebih cepat mengalami keausan jika air pendingin kotor dan mengandung bahan abrasif. Walaupun water pump tidak bocor, namun water pump tidak mampu mensirkulasikan air pendingin yang cukup untuk mendinginkan mesin.

Salah satu cara memeriksa water pump yang rusak adalah dengan memencet selang radiator atas  saat mesin panas dan berputar idle. Hati-hati selang radiator tersebut bisa sangat PANAS. Kemudian naiikkan putaran mesin dan rasakan apakah terasa aliran air pada selang radiator yang diremas tadi, jika tidak terasa aliran air kemungkinan water pump sudah tidak bagus. Penyebab lainnya bisa karena thermostat yang tidak terbuka atau radiator yang tersumbat.