Pengertian Adminitrasi Bengkel
Pengertian administrasi secara umum dikemukakan
oleh M. Moh Rivai, Ma dalam buku Administrasi
dan Supervisi Pendidikan adalah “Keseluruhan proses yang mempermudah
dan mengikutsertakan semua sumber potensi yang tersedia dan yang sesuai, baik
personal maupun material, dalam usaha mencapai bersama satu tujuan, secara
efektif dan efisien”.
Sedangkan yang dimaksud dengan administrasi
bengkel adalah: “Semua kegiatan pengelolaan alat dan bahan praktek yang akan
digunakan di bengkel, mulai perencanaan sampai pengeluaran dan dapat
dipertanggung jawabkan secara administratif”.
Struktur Organisasi Bengkel
Belum ada suatu standar baku tentang struktur
organisasi bengkel. Penentuan struktur organisasi pada bengkel, perlu
mempertimbangkan efektivitas dan efisiennya, jadi penentuan struktur organisasi
didasarkan pada luas tidaknya jenis kegiatan bengkel tersebut. Namun secara
garis besar satuan-satuan organisasi bengkel harus ada kepala bengkel. Kepala Urusan
(Urusan Gudang, Produksi, Perbaikan dan Perawatan), dan pelaksana-pelaksana di
bengkel tersebut. Kepala Urusan dapat diganti dengan seorang petugas yang
membawahi beberapa orang pelaksana.