Jumat, 23 November 2018

Cara Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari Jari / Ruji

Cara Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari Jari / Ruji

Saputranett - Pada postingan kali ini kita mencoba mengulas bagaimana cara memasang ban tubeless di pelek jari-jari sepada motor. Semoga saja bermanfaat bagi kalian yang kebetulan sedang mencari cara memasang ban tubeless pada pelek model jari atau ruji. Mari disimak saja langkah kerjanya ya.....

Cara Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari Jari / Ruji

Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang ban tubeless ke pelek jari/ruji :

Pelek model jari-jari/ruji

Pelek jari-jari ini tidak asal pelek, melainkan pelek yang lebih besar dari ukuran standar,dalam artikan pelek yang ukurannya standar bawaan pabrik cukup sulit untuk melakukan cara ini. Lalu pelek seperti apa yang bisa dipakai untuk memasang ban tubeless? Sebaiknya sobat siapkan pelek yang ukurannya lebih  besar dari ukuran standar misalnya 1,85mm untuk pelek depan dan 2,5mm untuk pelek belakang, Ini ukuran minimal, bila lebih lebar lebih bagus.

Apabila tetap mau memasangnya pada pelek ruji bawaan motor juga masih bisa, namun hasil yang didapat akan tidak maksimal.

Ban dalam

Mengapa pakai ban dalam?katanya yang namanya ban tubeless itu tidak pakai ban dalam,sabar dulu sob ini baru permulaan.Ban dalam ini tidak kita pasang sebagaimana kita memasang ban biasa pada umumnya,melainkan akan kita pakai dengan cara membelaknya yang nantinya berfungsi untuk menahan permukaan pelek bagian dalam.

Ban dalam ukuran berapa yang harus disiapkan?

Jika sobat akan memasang ban di pelek rim 17,maka sobat siapkan ban dalam dengan diameter 14,atau ban dalam morot matic,untuk ukuran ban dalam sendiri pilih ban dalam 2.50-14 atau 2.75-14,jangan pakai ban dalam dengan diameter sama dengan ban tubeless.

Jadi untuk memasang ban tubeless di pelek jari-jari ini tidak memakai pentil tubeless sebagaimana memasang ban tubeless pada pelek CW (Casting Wheel).

Peralatan bongkar ban, gunting dan cuter

Peralatan bongkar pasang ban motor saya kira sobat sudah tau apa saja yang harus disiapkan,namun kali ini sobat perlu satu tool lagi yaitu gunting,untuk apa gunting ini?

Gunting dipakai untuk membelah ban dalam yang sudah di siapkan tadi,belah permukaan terluar ban sampai sekelilingnya.


Langkah kerja memasang ban tubeless ke pelek jari/ruji

Langkah pertama bongkark ban seperti biasanya dengan peralatan yang sudah disiapkan.

Selanjutnya masukan ban dalam yang sudah sobat belah tadi ke pelek jari-jari yang akan dipasang  ban tubeless,pertama masukan pentil ban dalam kemudaian ban dalam dimasukan ke sekeliling pelek  sampai rata,jangan lupa kencankan pentil dengan baut yang ada di ban dalam.

Samapai dengan langkah kedua ban dalam sudah terpasang mengelilingi pelek,langkah berikutnya  yaitu memasang ban tubeless, pasanglah ban seperti biasanya pasanglah pelan pelan jangan sampai  ban dalam robek terkena sendok ban ini akan berakibat fatal.

Jika ban tubeless sudah terpasang dengan benar langsung saja pompa ban tersebut dan jangan lupa  cek kdi sekeliling ban dengan air sabun pastikan tidak ada yang bocor.

Langkah selanjutnya atau yang terakhir yaitu memotong sisa ban dalam yang keluar dari pelek  menggunakan cuter yang sudah sobat siapkan tadi,potonglah sekeliling ban dalam perlahan dan  usahakan rata sehingga terlihat rapi.

Sampai dengan tahap ini ban sudah berhasil sobat pasang, dan pelek jari/ruji sekarang sudah menggunakan ban tubeless tanpa ban dalam, Silahkan dicoba ya... semoga bermanfaat...

Salam otomotif...