Kamis, 02 Mei 2013

Pompa Injeksi mesin diesel

Pompa Injeksi Tipe Distributor

Bahan bakar dibersihkan oleh
water sedimenter dan filter dan
ditekan oleh vane type feed
pump yang mempunyai 4 vane
Bahan bakar melumasi komponen-
komponen pompa injeksi.
Pump plunger bergerak lurus bolak-
balik sambil berputar karena
bergeraknya drive shaft, cam
plate, plunger spring, dan lain lain


- Gerakan plunger menyebabkan naiknya tekanan bahan bakar dan menekan bahan bakar melalui delivery valve ke injection nozzle.
- Mechanical governor berfungsi untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan oleh nozzle dengan menggerakkan spill ring sehingga merubah saat akhir langkah efektif plunger.
- Pressure timer berfungsi untuk memajukan saat penginjeksian bahan bakar dengan cara merubah posisi tappet roller.
- Fuel cut-off solenoid untuk menutup saluran bahan bakar dalam pompa.

Pompa Injeksi Tipe In-Line

Feed pump menghisap bahan
bakar dari tanki dan menekan
bahan bakar yang telah disaring
oleh filter. Pompa injeksi tipe inline
mempunyai cam dan plunger
yang jumlahnya sama dengan
jumlah silinder.
Gerakan plunger lurus bolakbalik.
Delivery valve berfungsi untuk
menjaga tekanan pada pipa injeksi
dan menghentikan injeksi
dengan cepat.
Plunger dilumasi oleh solar dan
camshaft oleh oli mesin.
Governor bekerjanya menggerakkan
control rack.


Governor terdiri dari 2 tipe : mechanical governor dan combined governor (mechanical dan pneumatic governor).
Automatic timer menggerakkan camshaft pompa.