Rabu, 15 Mei 2013

pemeriksaan dan Perbaikan suspensi depan Izusu Panther bagian 1

Suspensi depan pada isuzu panther mulai dari awal produksi sampai sekarang menggunakan model double wishbone. Link - link menempel pada kendaraan dengan menggunakan baut - baut dan bushing pada titik titik poros putarnya dalam dan ke teering knuckle, yang merupakan bagian dari spindle roda depan, dan pada titik titik luarnya. Knuckle dipasang pada upperlink dan lower link yang masing masing mempunyaisatu ball joint yang memungkinkan berputarnya knuckle untuk menggerakkannya. Hub ditempatkan pada knuckle spindle dengan dua bearing dan rotor dipasang ke hub.
Suspensi depan isuzu panther berjenis independent yang menggunakan pegas batang torsi (torsion bar). Pegas batang torsi mempunyai gigi (spline) pada masing masing ujung. Kontrol ketinggian disediakan pada cross member ketiga. Upper dan lower link adalah baja tekan dan torsion bar didukung pada ujung ujung oleh lower lower link didepan dan oleh lengan kontrol ketinggian dibelakang.

komponen suspensi depan isuzu panther

Langkah pembongkaran suspensi depan isuzu panther pada komponen torsion bar, strut bar, stabiliser bar, dan peredam kejut.

Torsion bar
1. baut penyetel, seat, lock plate dan baut
2. Lengan kontrol ketinggian
3. torsion bar
Strut Bar
4. Mur dan cincin antara (washer)
5. Bushing karet dan washer
6. baut, mur dan washer
7. strut bar
8. Bushing karet, washer dan pipa
Stabilizer bar
9. baut
10. braket
11. mur
12. bushing karet dan washer
13. bushing karet  dan washer
14. braket
15. mur dan baut
16. bushing karet dan washer
17. stabilizer bar
Peredam kejut
18. mur
19. bushing karet dan washer
20. baut, mur dan washer
21. peredam kejut.
22. bushing dan washer
23. lower link
24. upper link.

Penanganan khusus selama pembongkaran suspensi depan isuzu panther.

baut penyetel
beri tanda tanda pengesetan ke baut penyetelan dan lengan kontrol ketinggian.








lengan kontrol ketinggian
beri tanda tanda pengesetan pada lengan kontrol ketinggian dan torsion bar.









Torsion bar
berilah tanda tanda pengesetan pada torsion bar dan lower link







pemeriksaan dan perbaikan

lakukan semua penyetelan , perbaikan dan penggantian piranti yang perlu jika ditemukan keausan, kerusakan, atau masalah masalah lain selama perbaikan.

pemeriksaan visual
periksa keausan, kerusakan atau kondisi kondisi abnormal lainnya pada piranti di sebelah.








Memasang kembali

Langkah pemasangan kembali komponen komponen diatas adalah kebalikan dari langkah perbaikan. Pada langkah pemasangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Torsion bar
- beri grease pada bagian bagian bergerigi
- luruskan tanda tanda tulisan






perhatikan tanda cetakan pada ujung torsion bar
- R untuk sisi kanan
- L untuk sisi kiri






lengan kontrol ketinggian
- beri grease pada bagian yang masuk braket
- luruskan tanda tanda tulisan





baut penyetel, seat, lock plate dan baut
- putar masuk baut penyetel ke lokasi yang diberi tanda pada saat membongkar.






periksa tinggi trim kendaraan
- ketinggian trim Z = A - B
- ketinggian Z kuang lebih 56,5 mm





strut bar
- setel sudut caster dengan mengubah panjang strut bar (setel dengan lock out)
- Baut dan mur dan washer gunakan momen pengencangan 6,87 sampai dengan 6,9 N-m