Minggu, 12 Mei 2013

Diagnosa sistem rem Suzuki APV

Uraian umum sistem rem
Saat pedal rem ditekan, terjadi tekanan hidrolik pada master cylinder yang akan menggerakkan piston (dua di depan dan empat di belakang) .
Blend proportioning valve (BPV) terpasang pada sirkuit antara master cylinder dan rem belakang.
Pada sistim rem ini, disc brake digunakan untuk rem roda depan, tromol rem (leading/trailing shoe) untuk rem roda belakang.
Sistim rem tangan bekerja secara mekanik. Memberikan gaya pengereman hanya pada roda belakang saja
melalui kabel dan sistim kerja mekanik. Shoe yang sama digunakan untuk pengereman.


Diagnosa rem Suzuki APV

Tes Pengereman
Pengetesan harus dilakukan di jalan yang kering, bersih, halus dan rata serta tidak ramai Pengetesan dilakukan dengan cara menginjak pedal rem perlahan dan keras di semua kecepatan, untuk mengetahui efektifitas dan kemampuan pengereman.
Kemudikan kendaraan untuk mengetahui apakah kendaraan menarik ke satu sisi dengan atau tanpa pengereman. Jika terjadi, periksa tekanan ban, front wheel alignment dan suspensi depan dari kondisi kendur. Lihat tabel diagnosa untuk penyebab lainnya.
Kebocoran Minyak Rem
Periksa jumlah minyak rem pada master cylinder. Berkurangnya jumlah minyak rem secara perlahan yang disebabkan oleh adanya kebocoran pada sistim. Jika hal ini terjadi, periksa seluruh sistim rem dari kebocoran, jika terjadi kebocoran kecil saja, harus diperbaiki segera atau komponen yang rusak harus diganti.
Jika jumlah minyak pada reservoir kurang dari minimum, isi kembali dengan minyak rem sesuai spesifikasi.
Spesifikasi minyak rem bisa di lihat tutup tangki reservoir
PERHATIAN:
Jangan mencampur atau menggunakan minyak rem dengan tipe yang berbeda dengan yang tertera pada tutup reservoir, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan.
Jangan menggunakan minyak rem bekas, atau dari kemasan yang sudah terbuka segelnya.

Minyak Rem Yang Tidak Standar atau Terkontaminasi
Minyak rem yang tidak tepat, minyak mineral atau air dapat menyebabkan minyak rem mendidih atau komponen karet pada sistim hidrolik rusak. Jika primary piston cup membesar dan komponen karetnya rusak, maka kerusakan dapat diketahui dengan membesarnya wheel cylinder piston cup pada tromol rem. Jika terjadi kerusakan pada karet, bongkar komponen hidrolik dan cuci dengan minyak rem sesuai spesifiikasi. Keringkan dengan udara bertekanan sebelum dipasang untuk mencegah minyak rem keluar dari sistim. Ganti semua komponen karet pada sistim, termasuk selang-selang. Dan juga, saat bekerja dengan mekanisme rem, periksa minyak yang terdapat pada kampas. Jika minyak berlebihan, ganti kampas.
Jika kondisi piston seal master cylinder baik, periksa kebocoran atau panas yang berlebihan. Jika kebocoran tidak ada, keluarkan minyak rem, kuras dan isi dengan minyak baru dan lakukan bleeding pada sistim. Sistim harus dikuras jika ada keraguan mengenai grade minyak pada sistim atau jika minyak sudah digunakan
sebelumnya atau sudah terkontaminasi.

Tabel diagnosa sistem rem Suzuki APV