Kamis, 11 April 2013

Mobil agar berumur panjang

Saat ini semua harga naik melambung tinggi seiring dengan naiknya harga BBM. Dengan kenaikan BBM maka akan berimbas pada semuanya termasuk biaya perawatan , asesoris dll. Apabila kendaraan kita kurang terawat maka BBM akan boros dan umur kendaraan akan pendek. Berikut tips agar kendaraan berumur panjang :

  1. Kalo jarak tempuh pendek, jangan pake mobil, karena dari kondisi mesin dingin, mesin harus dipanaskan dulu, karena kalo kita jalan dengan kondisi mesin dingin, kurang baik buat umur mesin, sedangkan dari dingin, karena mesin harus dipanaskan, butuh waktu tambahan.
  2. Selalu cek semua kondisi minyak dalam kendaraan, minyak mesin minyak rem, minyak kopling, dan power steering secara teratur. Periksa apakah ada kebocoran, atau sudah saatnya ganti baru.
  3. Jangan lupa penggantian oli secara teratur, sesuai dengan petunjuk di buku manual, jangan lupa pula untuk mengganti filter jika saatnya telah tiba.
  4. Ganti filter udara setiap 15 Kilometer
  5. Setiap dua tahun, bersihkan semua bagian yang berunsur minyak, seperti power steering, rem, kopling, mesin, dan lain-lain.
  6. Periksa rem. Jangan sampai habis sepatunya dan tetap digunakan.
  7. Tukas posisi ban secara diagonal (depan kiri dengan belakang kanan). Lakukan dua kali dalam setahun. Jika ban kempes, segera atasi, karena ban kempes mengurangi usia ban sampai dengan 15%
  8. Jika memanasi mobil di pagi hari, jangan dilakukan dengan menekan gas dalam2, karena oli masih dalam keadaan kental dan susah naik, tekan gas tidak usah terlalu dalam, cukup lembut saja.
  9. Gunakan rem tangan pada saat parkir. Hindari memasukkan gigi, karena hal ini bisa mempercepat kerusakan pada sistem transmisi.
  10. Cucilah mobil dengan teratur, sehingga garam, asam, dan polusi yang merusak mobil dapat dihilangkan.