Jumat, 05 April 2013

Penggantian oli mesin

Oli mesin perlu diganti apabila sudah mencapai tertentu. Pada mesin yang digunakan untuk alat berat maka ukuran yang dipakai adalah jam kerja, sedangkan pada mobil atau sepeda motor biasanya menggunakan ukuran kilometer.
Setiap orang yang mempunyai mobil pasti merasakan perlunya perawatan pada mobilnya terutama pada bagian mesin. Mesin memerlukan oli mobil, yang berfungsi sebagai pembersih terhadap karbon yang ada di permukaan silinder, pendingin mesin kendaraan, pelindung dari gesekan atau benturan antar logam komponen mesin sekecil mungkin. Anda mungkin tidak menyadari bahwa perubahan oli mobil yang dijadwalkan secara rutin merupakan bagian penting dari perawatan mobil Anda.
Oli mobil yang bekerja di dalam mesin bisa terkontaminasi karena adanya benda-benda asing atau partikel pencemar di dalam oli mobil. Agar mesin mobil dapat bekerja dengan baik maka produsen mobil menganjurkan jadwal pemeliharaan untuk penggantian oli mobil sekitar 5.000 – 10.000 km. Hal ini dapat membuat mesin mobil bekerja dengan baik karena terlindungi dari kerusakan kontaminasi.
Anda harus mengenali karakter anda ketika butuh perawatan seperti adanya suara-suara aneh pada mesin mobil anda, tarikan yang menurun, hal ini dapat sebagai tanda saatnya oli mobil harus diganti. Apabila anda rutin melakukan perawatan mobil di bengkel langganan anda maka akan ada rekomendasi jadwal jarak tempuh tertentu untuk penggantian kembali oli mobil anda. Penggantian oli mobil secara rutin dapat meningkatkan efisiensi pengoperasian mobil Anda, menghemat uang dan memperpanjang hidupnya.
Jika mobil anda sering digunakan maka waktu penggantian oli mobil lebih cepat dibandingkan mobil yang jarang digunakan, pola kerja mesin juga mempengaruhi oli mesin kendaraan, dan penggunaan AC mobil yang berlebihan. Perlakuan di atas merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi perlunya penggantian oli mobil secara rutin.