Jumat, 26 April 2013

pagi hari gas buang mobil berwarna putih

Pada waktu pagi hari kebiasaan pemilik mobil di Indonesia adalah memanasi mobil. Pada saat sesaat setelah mesin hidup ternyata di ujung knalpot keluar asap berwarna putih. Dari melihat asap putih itu  bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi pada mesin mobil.

Asap putih berupa uap air
Apabila diperhatikan ternyata asap putih itu adalah uap air maka bisa dipastikan mesin itu dalam kondisi normal. Uap air itu berasal dari kondensasi yang terjadi didalam saluran gas buang. Uap ini hanya terjadi pada pagi hari atau kondisi cuaca dingin.

Asap putih dan berbau oli pelumas
Apabila ternyata ujung knalpot berasap putih dan berbau oli berarti kondisi mesin mengalami trouble.
- pada waktu start awal banyak keluar asap putih dan setelah beberapa saat mulai hilang asapnya maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada seal klep. Selain kerusakan pada seal klep bisa juga terjadi pada bis klep/ valve guide.Kerusakan pada guide valve adalah keausan atau valve gude miring. Mungkin juga terjadi kerusakan pada batang klep, kerusakannya berupa aus nya batang klep.
 - Asap putih keluar terus menerus seiring dengan mesin hidup. Pada waktu di gas asap semakin tebal. kalu itu terjadi maka bisa dipastikan mesin mengalami trouble. Asap itu berasal dari oli yang tercampur di ruang bakar dan ikut terbakar pada proses pembakaran.
Kemungkinan kerusakan adalah pada ring piston, piston atau silinder yang aus. pada kondisi ini mobil masih dapat di jalankan namun dengan resiko oli mesin bertambah boros.