Jumat, 26 April 2013

apabila gasket silinder head rusak

Konstruksi mesin sudah dibuat sedemikian rupa untuk memisahkan aliran aliran cairan yang ada didalam mesin. cairan itu adalah ciran pendingin, pelumasan dan aliran bahan bakar.
Walaupun sudah dibuat terpisah kadang ada kemungkinan terjadi bercampurnya jalur jalur tersebut, bisa saja sir sistem pendingin bercampur dengan oli atau air dan oli masuk ke ruang bakar. Hal ini bisa terjadi apabila terjadi kerusakan pada perpak silinder head atau rusak pada silinder head itu sendiri.
Efek dari kerusakan ini bermacam macam, di bawah adalah efek dari kerusakan gasket silinder head.

- Oli akan bercampur dengan air sehingga oli akan berwwrna putih. apabila hal itu terjadi maka oli sudah tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai pelumas.
Kalau oli tidak dapat melumasi maka bisa dipastikan komponen yang mestinya dilumasi tidak akan berjalan dengan maksimal dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan.
- pembakaran akan terganggu karena bahan bakar yang harusnya hanya bercampur udara untuk di bakar di ruang bakar ternyata bercampur dengan air atau oli. Bisa dipastikan kinerja mesin akan terganggu yang pada akhirnya akan menurunkan perfoma mesin.
- terjadinya penurunan kompresi. hal ini disebabkan karena kebocoran sambungan antara blok mesin dengan silinder head. penurunan kompresi ini akan mengakibatkan mesin kerjanya tidak maksimal
- terjadinya overheating
kalau hal ini terjadi maka segeralah ganti perpak silinder head. akan tetapi apabila kerusakan bukan pada gasketnya saja maka kemungkinan besar silinder head perlu di overhoul.