Sabtu, 27 April 2013

mengenal accu

Baterai merupakan sumbaer energi litrik yang digunakan oleh sistem stater dan sistemkelistrikan yang lain. Baterai ada dua tipe yaitu baterai kering dan baterai basah.
Pada kendaraan secara umum berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, namun bila kita amati lebih detail maka fungsi baterai adalah :
1. Saat mesin mati sebagai sumber energi untuk menghidupkan asesoris, penerangan dsb
2. Saat stater untuk menghidupkan motor stater
3. Saat mesin hidup sebagai stabiliser supali listrik pada kendaraan, dimana saat hidup energi listrik bersumber dari altenator.

fungsi baterai pada kendaraan

Konstruksi Baterai
Baterai terdiri dari beberapa komponen anatara lain  kotak baterai, terminal baterai, elektrolik baterai, lubang elektrolit baterai, tutup baterai dan sel baterai. Dalam satu baterai terdiri dari beberapa sel baterai, tiap sel menhasilkan tegangan 2 -2,2 Volt. baterai 6 Volt terdiri dari 3 sel dan baterai 12 Volt mempunyai 6 sel yang dirangkai secara seri.
Tiap sel baterai mempunyai lubang untuk mengisi elektrolit baterai, lubang tersebut ditutup dengan tutup baterai, pada tutup terdapat lubang ventilasi yang digunakan untuk mengalirkan uap dari elektrolit baterai. Tiap sel baterai terdapat plat positif, sparatoe dan plat negatifg, plat positif berwarna coklat gelap (dark brown) dan plat negatif berwarna abu abu metalic. ( metalic grey )

                                                             konstruksi baterai/ accu