Minggu, 07 April 2013

Busi

Pada mesin Bensin penyalaan campuran bahan bakar dan udara tidak dapat terjadi dengan sendirinya. Pada akhir langkah kompresi diperlukan komponen yang dapat memercikkan bunga api yang bernama busi .
Busi   memercikkan bunga api karena adanya kiriman listrik dari koil.


Bagian - bagian busi



Pada waktu mesin bekerja busi memercikkan bunga api dan membakar campuran bahan bakar yang sudah dimampatkan di ruang bakar. Dengan adanya proses pembakaran itu maka akan terjadi kotoran yang menumpuk pada busi.


 
Apabila ini terjadi maka perlu di lakukan pembersihan dan penyetelan celah busi.

Berikut beberapa tips untuk merawat busi pada kendaraan anda.

1. Cek Kondisi Penutup Busi
Periksa kondisi penutup busi apakah masih layak atau tidak, dengan memeriksa longgar atau tidak apabila sudah longgar lebih baik anda ganti dengan yang baru, kepala busi yang longgar akan mengakibatkan mudah lepas sehingga mesin mati, dan bahkan penutup busi yang longgar akan mengakibatkan mudah kemasukan cairan seperti air atau oli.

2. Bersihkan Lubang Busi
Buka busi dengan kunci busi ingat jangan sesekali buka dengan kunci pas, buka busi dengan kunci busi yang sesuai dengan ukuran busi , kemudian bersihkan dengan kain katun bersih yang kering, untuk membersih kotoran pada dinding lubang busi.

3. Bersihkan Busi
Setelah busi dilepas, bersihkan busi dengan minyak tanah menggunakan kikir plat tipis, atau menggunakan amplas, bersih kan dengan seksama, minyak tanah dimaksudkan agar kotoran atau kerak mudah mengelupas, setelah dibersihkan keringkan busi sebelum di pasang..

4. Mengatur kembali celah Busi
Kendaraan yang sudah lama tidak dibersihkan biasanya akan mengakibatkan ukuran celah busi renggang, atur celah busi sesuai dengan standar pabrik sekitar 0,8 mm sampai 1,2 mm untuk busi mobil dan untuk motor sekitar 0,6 mm sampai 0,8 mm.

5. Periksa Busi Secara Teratur
Periksa busi setiap jadwal service sesuai kilometer tempuh manual servis pemakaian kendaraan anda, usahakan juga menggunakan kompresor bila ada, sikat besi yang kecil.

Ganti busi kalau memang sudah tidak layak pakai, karena biasanya walaupun sudah dibersihkan dengan bersih busi yang sudah tidak layak mengakibatkan tenaga mesin akan turun