Rabu, 20 Maret 2013

Adminitrasi Bengkel

Pengertian Adminitrasi Bengkel



Pengertian administrasi secara umum dikemukakan oleh M. Moh Rivai, Ma dalam buku Administrasi  dan   Supervisi Pendidikan  adalah “Keseluruhan proses yang mempermudah dan mengikutsertakan semua sumber potensi yang tersedia dan yang sesuai, baik personal maupun material, dalam usaha mencapai bersama satu tujuan, secara efektif dan efisien”.

Sedangkan yang dimaksud dengan administrasi bengkel adalah: “Semua kegiatan pengelolaan alat dan bahan praktek yang akan digunakan di bengkel, mulai perencanaan sampai pengeluaran dan dapat dipertanggung jawabkan secara administratif”.

Struktur Organisasi Bengkel 


Belum ada suatu standar baku tentang struktur organisasi bengkel. Penentuan struktur organisasi pada bengkel, perlu mempertimbangkan efektivitas dan efisiennya, jadi penentuan struktur organisasi didasarkan pada luas tidaknya jenis kegiatan bengkel tersebut. Namun secara garis besar satuan-satuan organisasi bengkel harus ada kepala bengkel. Kepala Urusan (Urusan Gudang, Produksi, Perbaikan dan Perawatan), dan pelaksana-pelaksana di bengkel tersebut. Kepala Urusan dapat diganti dengan seorang petugas yang membawahi beberapa orang pelaksana.