Rabu, 19 Desember 2018

Penyebab Headlamp Menjadi Buram dan Cara Mengatasinya

Penyebab Headlamp Menjadi Buram dan Cara Mengatasinya

Saputranett - Headlamp atau lampu utama berfungsi sebagai perangkat utama penerangan di jalan waktu malam hari, headlamp atau lampu utama pada mobil sangat perlu diperhatikan.  Sebagai perangkat penerangan di jalan waktu malam hari, headlamp atau lampu utama pada mobil sangat perlu diperhatikan. Bila tidak, akan sangat fatal dampaknya bagi keselamatan. Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan mengenai hal ini adalah kualitas sinar yang dipancarkan headlamp.

Salah satunya yang menyebabkan tidak terangnya headlamp adalah cover lampu yang tidak bening yang membuat cahaya yang dipancarkan lampu LED jadi terhambat. Kualitas cahaya pada lampu kendaraan yang meurun tersebut biasanya diakibatkan karena cover lampu yang sudah buram akibat faktor usi lamanya pemakaian atau kurangnya perawatan.


Dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan lampu headlamp menjadi buram.

1. Suhu yang terlalu panas pada Headlamp

Bohlam atau lampu LED pada headlamp ketika dinyalakan akan menghasilkan suhu yang panas sehingga jelas efeknya suhu pada headlamp ikut jadi panas. Bila keadaan ini terlalu sering dapat menurunkan kualitas cover headlamp atau tidak lagi bening.

Produsen kendaran sebenarnya telah mengukur panas yang dihasilkan dari lampu mobil ketika menyala dan digunakan untuk acuan membuat cover headlamp yang digunakan untuk jangka waktu lebih lama. Mengganti lampu standar bawaan dengan lampu yang memiliki voltase lebih tinggi dari standar yang diperbolehkan akan membuat suhu yang ada pada headlamp mobil juga akan semakin meningkat yang bisa membuat kualitas dari cover bening headlamp ini menjadi lebih cepat menurun, buram bahkan retak. Jadi bila terjadi putusnya lampu pada headlamp, sebaiknya ganti dengan ukuran yang sama dengan standardnya.

2. Headlamp sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama

Memarkirkan kendaraan di lokasi yang teduh adalah salah satu cara untuk menjaga agar headlampini tidak cepat berubah menjadi buram. Mobil yang terlalu sering terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kualitas cover headlamp menurun. Efeknya sinar yang dihasilkan dari lampu LED jadi kurang terang.

3. Headlamp sering terkena hujan tanpa langsung dibersihkan

Headlam yang posisinya yang berada pada bagian depan menyebabkan headlamp langsung berhadapan dengan air hujan saat hujan turun. Saat mobil melewati hujan, yang terpercik ke mobil bukan hanya air hujan, tapi juga debu, pasir dan kotoran jalanan. Semua bagian luar mobil termasuk headlamp akan menjadi kotor. Apabila dibiarkan kotoran ini mengering dan tidak segera dibersihkan, dapat membuat cover headlamp menjadi buram. Sekalipun nanti dibersihkan, biasanya tingkat kecerahannya pun jadi berkurang. Jadi jangan ditunda, segera bersihkan dengan air bersih setelah terkena hujan.

4. Membiarkan debu halus pada headlemp menempel dalam waktu lama. 

Debu halus bisa menempel di semua bagian mobil setiap saat, termasuk pada cover headlamp. Bila tak rajin dilap, lama – lama debu – debu ini bisa membuat cover headlamp menjadi buram. Akibatnya sinar yang dihasilkan headlamp kurang terang karena terhambat oleh debu.

5. Faktor usia headlamp

Idealnya, headlamp dan covernya memang harus diperbaharui bila sudah berumur lima tahun. Karena bila sudah melebihi masa tersebut, kualitasnya pasti menurun dan itu adalah hal yang wajar. jadi untuk menambah usia headlamp agar lebih lama, sebaiknya anda rutin melakukan perawatan, baik menghindari beberapa hal diatas, dan juga memberikan suplemen tambahan seperti cairan pelembab khusus headlamp dan melakukan poles headlamp mobil setidaknya setahun sekali.

Cara Mengatasi Headlamp yang Buram 

Thanks to otosia .com. Trik ini yang sangat mudah dan gampang dilakukan sendiri. Sangat efektif dan tentunya tidak memerlukan biaya besar untuk membuat mobil lama Anda tambah bergaya. Syarat pertama untuk trik ini adalah pasta gigi yang mengandung baking soda dan sejenis zat peroxide yang berfungsi sebagai pemutih.

Pertama, basahi headlamp dan lap hingga cukup kering. Selanjutnya oleskan pasta gigi yang sudah Anda siapkan secara merata di permukaan headlamp. Pastikan setiap milimeter piranti ini mendapatkan olesan. Ratakan terus dan jika memungkinkan gunakan sikat gigi untuk menyikatnya.

Setelah beberapa menit, semprotkan air ke olesan pasta gigi tersebut secara merata hingga tidak ada bekas pasta disana.

Terakhir, usap lagi dengan kain dan kali ini gunakan wax (penggilap) untuk memaksimalkan efek dari pasta gigi trersebut. Usap dengan kain bersih lagi dan lihat bedanya.


Demikianlah sedikit ulasan hal hal yang menjadi penyebab headlamp atau lampu utama mobil buram. Sebaiknya Anda perhatikan hal tersebut di atas karena kualitas sinar lampu utama atau headlamp sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan Anda saat berkendara.

Semoga bermanfaat..... salam otomotif.....