Selasa, 18 Desember 2018

Fungsi Lower Arm Pada Mobil

Fungsi Lower Arm Pada Mobil

Saputranett - Lower Arm kerap kali disebut dengan nama lengan ayun bawah, control arm adalah salah satu komponen mobil yang memegang peranan penting pada sistem suspensi mobil. Tanpa adanya lower arm ini tentu mobil yang kalian kendarai tidak akan terasa enak, walaupun dilengkapi dengan berbagai perangkat peredam seperti shock absorber.

Lower arm pada mobil terletak dibagian bawah dan terhubung dengan rangka /bodi mobil. Lower arm ini juga bermacam-macam Model dan bentuknya tergantung dari desain dan jenis suspensi yang digunakan. Contohnya untuk suspensi double wishbone, umumnya lower arm memiliki model dan bentuk seperti huruf A. Sedangkan untuk suspensi Macpherson seringnya menggunakan lower arm yang berbentuk seperti huruf L. Selain itu, pada beberapa model suspensi lainya, lower arm ada yang hanya berbentuk huruf i.

Gambar Model lower arm

Fungsi Lower Arm
Meskipun model dan bentuk lower arm berbeda-beda, namun fungsi dari lower arm ini tetap sama,

Berikut adalah 3 fungsi utama lower arm pada suspensi mobil.

1. Lower Arm sebagai Tempat menopang Knuckle

Fungsi Lower Arm sebagai tempat menopang knuckle. Knuckle merupakan komponen tempat dimana roda (ban dan velg) dipasang berikut dengan hub dan komponen rem. Lower arm ini akan menopang knuckle, roda, dan perangkat rem melalui sebuah ball joint yang terhubung dengan bagian bawah knuckle sehingga knuckle bisa bebas bergerak dan tidak terikat dengan lower arm.

Pada sisi lain dari lower arm akan terhubung dengan rangka dan bodi kendaraan. Di sisi tersebut dipasangkan bushing yang umum terbuat dari karet kenyal agar gerakan lower arm menjadi halus, tidak kasar dan nyaman .

2. Lower Arm sebagai pengontrol Gerakan Roda

Fungsi Lower Arm sebagai komponen yang akan mengontrol gerakan roda.yang bergerak ke atas dan ke bawah serta maju dan mundur akibat efek gerak dari pengemudian akan dibatasi gerakannya oleh lower arm ini. Disamping itu lower arm juga terhubung dengan shock absorber sehingga secara langsung efek peredaman akibat kejutan selama perjalanan juga akan terjadi lower arm ini. Maka posisi sudut-sudut kemiringan roda akan tetap dipertahankan pada posisinya sehingga selalu terjaga dan membuat pengemudian menjadi aman dan nyaman.

3. Lower Arm Memastikan roda dapat berbelok seirama

Fungsi Lower Arm sebagai komponen yang berfungsi untuk memastikan roda dapat berbelok, bergerak seirama dengan sudut-sudut kemudi yang sesuai antara roda kanan dan roda kiri kendaraan.

Bagian ujung terluar dari lower arm yang dekat roda dan memegang bagian knuckle terhubung dengan sebuah ball joint. Dengan begitu, roda dapat berbelok dan bergerak dengan leluasa mengikuti kemana arah putaran steering di belokkan

Kerusakan pada Lower Arm

Kerusakan yang sering terjadi pada bagian lower arm ini biasanya adalah keausan bushing bushing nya. Selain itu lower arm bengkok akibat kendaraan mengalami benturan entah karena kecelakaan ataupun benturan karena melalui medan yang tidak selayaknya. Lower arm yang bengkok akan merubah kondisi sudut geometri ( spooring ) roda depan kendaraan yang dapat mengakibatkan mobil akan menarik ke salah satu sisi saat setir dilepas. Apabila lower arm bengkok dan tidak bisa di repair ulang harus dilakukan penggantian lower arm yang baru sehingga mobil dapat digunakan beroperasi lagi secara normal.

Semoga ulasan mengenai Fungsi Lower Arm dan kerusakan yang terjadi pada Lower Arm dapat bermanfaat.

Salam Otomotif..............