Cara Cek Kondisi Fuel Pump Dan Tekanan Bahan Bakar Kendaraan
Saputranett - Kendaraan tidak selalu dalam kondisi prima dikarenakan faktor pemakaian dan perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah sistem kerja bahan bakar. Berikut ini kita mengulas cara cek kondisi fuel pump dan tekanan bahan bakar kendaraan, sehingga diharapkan kendaraan dapat selalu terjaga dalam kondisi prima.
Langkah kerja :
1. Pastikan ignition switch pada posisi off.
2. Berikan tegangan positif battery ke terminal pemeriksaan fuel pump untuk pengecekan sistem kerja fuel pump. (lihat buku manual letak terminal pemeriksaan fuel pump)
3. Dengarkan suara kerja dari fuel pump dekat fuel tank. (tipe fuel pump di dalam fuel tank dan suara sangat susah terdengar tanpa melepas tutup pengisian bahan bakar.)
4. Tekan hose untuk memeriksa adanya tekanan bahan bakar.
Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar
Fungsi sistem bahan bakar sangat menentukan kerja engine untuk berputar secara sempurna.
Pemeriksaan pada tekanan bahan bakar ini dapat digunakan untuk mengetahui kondisi fuel pipe, fuel hose, fuel filter, fuel pressure regulator, fuel pump dan return hose.
1. Kurangi tekanan bahan bakar didalam fuel pipe dan hoses dengan prosedur berikut.
2. Lepas konektor kabel fuel pump.
3. Hidupkan engine sampai engine stall, putar ignition switch ke posisi off.
4. Lepas terminal negatif battery.
5. Lepas bolt penghubung fuel line ke fuel delivery pipe.
7. Pasang terminal battery negative (-).
8. Berikan tegangan battery ke terminal pemeriksaan fuel pump untuk mengaktifkan fuel pump secara langsung, lalu dengan adanya tekanan bahan bakar, periksa dari adanya kebocoran bahan bakar dari pressure gauge atau dari konektornya.
9. Hidupkan engine dengan putaran idle.
10. Lepaskan vacuum hose dari pressure regulator, dan tutuplah ujung hose. Ukurlah tekanan bahan bakar saat idle.
11. Ukur tekanan bahan bakar saat vacuum hose terpasang pressure regulator.
12. Bila hasil pengukuran pada langkah (10) dan (11) tidak sesuai dengan nilai standar, gunakan table dibawah ini untuk melihat kemungkinan penyebabnya, dan lakukan beberapa perbaikan.
4. Tekan hose untuk memeriksa adanya tekanan bahan bakar.
Pemeriksaan Tekanan Bahan Bakar
Fungsi sistem bahan bakar sangat menentukan kerja engine untuk berputar secara sempurna.
Pemeriksaan pada tekanan bahan bakar ini dapat digunakan untuk mengetahui kondisi fuel pipe, fuel hose, fuel filter, fuel pressure regulator, fuel pump dan return hose.
1. Kurangi tekanan bahan bakar didalam fuel pipe dan hoses dengan prosedur berikut.
2. Lepas konektor kabel fuel pump.
3. Hidupkan engine sampai engine stall, putar ignition switch ke posisi off.
4. Lepas terminal negatif battery.
5. Lepas bolt penghubung fuel line ke fuel delivery pipe.
Perhatian : tutuplah hose connection dengan kain lap untuk menghindari cipratan bahan bakar yang disebabkan oleh tekanan bahan bakar di fuel line.6. Dengan menggunakan fuel pressure gauge adapter, pasanglah fuel pressure gauge ke fuel pressure gauge adaptor. Kencangkan bolt sesuai dengan spesifikasi.
7. Pasang terminal battery negative (-).
8. Berikan tegangan battery ke terminal pemeriksaan fuel pump untuk mengaktifkan fuel pump secara langsung, lalu dengan adanya tekanan bahan bakar, periksa dari adanya kebocoran bahan bakar dari pressure gauge atau dari konektornya.
9. Hidupkan engine dengan putaran idle.
10. Lepaskan vacuum hose dari pressure regulator, dan tutuplah ujung hose. Ukurlah tekanan bahan bakar saat idle.
11. Ukur tekanan bahan bakar saat vacuum hose terpasang pressure regulator.
12. Bila hasil pengukuran pada langkah (10) dan (11) tidak sesuai dengan nilai standar, gunakan table dibawah ini untuk melihat kemungkinan penyebabnya, dan lakukan beberapa perbaikan.
Kondisi
|
Kemungkinan
penyebab
|
Cara
mengatasinya
|
Tekanan bahan
bakar terlalu rendah
|
Fuel filter
tersumbat
Fuel bocor pada
sisi pengembalian, sebab dudukan fuel-pressure regulator longgar.
Tekanan fuel pump
rendah
|
Ganti fuel filter
Ganti fuel
pressure regulator
Periksa fuel hose
dlm fuel tank dari kebocoran atau ganti fuel pump
|
Tekanan bahan
bakar terlalu tinggi
|
Fuel-pressure
regulator macet
Fuel return hose
atau pipe bengkok atau buntu
|
Ganti fuel
pressure regulator
Perbaiki atau
ganti hose atau pipe
|
Tidak ada
perbedaantekanan bahan bakar saat vacuum hose terpasang atau tidak.
|
Buntu, atau rusak
pada vacuum hose atau nipple
Mampet atau
dudukan fuel pressure regulator longgar
|
Perbaiki atau
ganti vacuum hose atau nipple
Perbaiki atau
ganti hose atau pipe
|
14. Bila tekanan turun , periksa rata rata penurunannya. Bila tekanan turun perlahan ada kerusakan di injector, bila penurunan terlalu cepat periksa fuel pump
15. Turunkan tekanan dalam fuel line.
16. Lepaskan hose dan gauge.
Perhatian : Tutupi sambungan hose dengan kain lap untuk menghindari percikan bahan bakar yang disebabkan tekanan pada fuel line.17. Gantilah O-ring pada ujung hose.
18. Hubungkan fuel hose ke delivery pipe dan kencangkan sesuai dengan spesifikasi.
19. Periksa dari kebocoran.
Demikianlah langkah kerja yang dilakukan untuk melakukan pengecekan Kondisi Fuel Pump Dan Tekanan Bahan Bakar Kendaraan. Semoga saja artikel yang diambil dari berbagai sumber ini dapat membantu utnuk melakukan perawaan kendaraan sehingga selalu dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat.
Salam otomotif......