Pengertian dan
Fungsi
Saputranett - Camber
adalah sudut yang dibuat oleh roda kendaraan terhadap jalanan; lebih tepatnya
adalah sudut yang dibentuk pada roda jika dilihat dari depan. Camber memiliki
peranan yang sangat penting dalam menjaga kestabilan mobil saat berbelok di
tikungan, sehingga peranannya tidak dapat diabaikan.
Positive camber
Positive camber,
terbentuk apabila roda miring ke arah luar terhadap garis vertikal. Jika dilihat dari depan
kendaraan bagian atas miring keluar, sehingga garis vertikal dengan garis
tengah roda membentuk sudut a (sudut camber +).
Positive camber bertujuan untuk mengimbangi bagian bawah roda yang
tertarik ke arah luar, apabila kendaraan mulai dibebani dan berjalan. Sehingga,
pada waktu roda berjalan akan tertarik ke arah dalam dan berat (gaya) kendaraan
yang dipikul oleh spindle / steering knuckle, akan tertumpu pada kedudukan yang
benar. Dengan catatan sudut camber sesuai spesifikasi. Karena jika sudut camber
tidak sesuai dengan spesifikasi (terlalu positif), hal ini dapat mengakibatkan
selip antara roda dan jalanan. Sehingga positive camber membantu kendaraan akan
tetap lurus ke depan, mencegah roda selip ke samping, dan bersama-sama saling
membantu dengan sudut king pin, meringankan kemudi serta mencegah roda-roda
agar tidak lepas. Sudut positive camber juga mempunyai beberapa kelebihan dan
kekurangan, yaitu : kelebihannya adalah kemudi mobil akan terasa lebih ringan,
kekurangannya adalah menyebabkan ban aus/gundul di bagian luar, kemudi terasa
liar, licin, dan mudah sekali selip, dan saat berbelok terdengar timbul bunyi
berdecit yang abnormal.
Negative camber
Negative camber,
terbentuk apabila roda miring ke arah dalam terhadap garis vertikal. Jika dilihat dari depan
kendaraan bagian atas miring ke dalam, sehingga garis vertikal
dengan garis tengah roda membentuk sudut a (sudut -). Negative
camber sering digunakan pada kendaraan penggerak roda depan (front engine-front
wheel drive), hal ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan apabila diberi sudut
positive camber. Karena dengan sudut positive camber, ketika membelok ada kecenderungan
kendaraan miring. Dan jika pengemudi tidak berhati-hati, mobil dapat terbalik
pada saat melibas tikungan. Sudut negative camber mempunyai beberapa kelebihan
dan kekurangan, yaitu : kelebihannya adalah pengemudian menjadi lebih stabil
dan nyaman, memudahkan mobil melakukan belokan yang patah, ban menjadi tidak
gampang selip dan lebih mencengkram/menggigit jalanan, dan kendaraan menjadi
lebih tenang atau tidak banyak terjadi guncangan, kekurangannya adalah kemudi
akan terasa sangat berat, timbul bunyi berdecit yang abnormal saat melakukan
belokan, menyebabkan ban aus/gundul di bagian dalam.
Zero camber
Zero camber,
terbentuk apabila garis tengah roda berimpit dengan garis vertikal. Jika dilihat dari depan
kendaraan garis tengah roda sejajar dengan garis vertikal dan hal ini disebut
camber 0. Apabila sudut camber dibuat nol, maka pada waktu
kendaraan mulai dibebani dan berjalan, roda bagian bawah akan semakin tertarik
keluar. Ini mengakibatkan, terjadi perpindahan tumpuan berat kendaraan yang
semula beban tepat di spindle menjadi ke bagian luar spindle. Dengan demikian,
pengemudian akan menjadi berat, membuat roda slip, dan stabilitas pengemudian
berkurang. Tetapi zero camber juga berperan untuk mencegah keausan ban yang
tidak merata.
Camber
juga memiliki fungsi yang penting pada mobil kita diantaranya adalah : mencegah
keausan ban pada bagian dalam atau luar saja, memberikan beban yang lebih pada
bantalan bagian dalam atau luar, membantu mengarahkan kendaraan dengan
menempatkan berat kendaraan pada pangkal spindle, meningkatkan stabilitas,
meningkatkan handling, dan meningkatkan kenyamanan berkendara.
Permasalahan Pada Camber.
Camber juga tidak luput dari masalah, masalah-masalah
yang sering dialami adalah : ban mobil cepat aus, wheel bearing (menjaga poros
ban agar tidak langsung bergesekan dengan roda, sehingga dapat mengurangi
gesekan dari suatu putaran dan membuat putaran roda menjadi lebih lancar )
cepat aus, dan ball joints (suatu komponen yang terdapat pada mobil khususnya
di bagian understeel atau kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk mengikat knuckle
atau as roda terhadap arm atau lengan mobil, sehingga dapat mempertahankan
posisi as roda pada tempatnya ketika mobil dibelokkan[8] ) cepat aus. Hal ini
sebenarnya bisa diatasi jika kita melakukan maintenance secara rutin dan tidak
pernah bolong, karena jika masalah ini terus dibiarkan / diabaikan, hal ini
dapat membahayakan nyawa pengemudi dan penumpang yang ada di dalamnya. Karena
ban mobil akan menjadi licin dan pada saat kita mengendarai mobil tersebut pada
saat musim hujan, mobil dapat tergelincir dan kehilangan keseimbangan.