Bagian Mekanisme Katup pada Mesin Kendaraan
Saputanett | Apabila kita melakukan perbaikan pada bagian katup mobil, seharusnya kita juga harus mengenal dahulu tentang bagian-bagian mekanisme katup pada kedaraan. Nah, pada postingan kali ini kita sedikit mengulas Bagian Mekanisme Katup pada Mesin Kendaraan. Yuk kita simak....
Saputanett | Apabila kita melakukan perbaikan pada bagian katup mobil, seharusnya kita juga harus mengenal dahulu tentang bagian-bagian mekanisme katup pada kedaraan. Nah, pada postingan kali ini kita sedikit mengulas Bagian Mekanisme Katup pada Mesin Kendaraan. Yuk kita simak....
Bagian-Bagian Mekanisme Katup Kendaraan
Fungsi utama dari mekanisme katup pada mesin kendaraan adalah untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang. Campuran udara dan bahan bakar masuk ke silinder melalui katup masuk dan gas bekas keluar dari dalam silinder melalui katup buang. Mekanisme membuka dan menutup katup-katup inilah yang disebut mekanisme katup.
Berikut ini kita membahas 2 jenis mekanisme katup.
1. Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah
1. Mekanisme Katup dengan Poros Kam Di Bawah
a. Katup di Samping (Side Valve atau SV)
Pada Mekanisme Katup dengan Konstruksi SV mempunyai ciri katup berdiri dan berada di samping blok motor serta poros kam terletak di bawah.
Keuntungan dari Mekanisme Katup dengan Konstruksi SV adalah konstruksi mesinnya akan lebih sederhana, mesin pendek/tidak memakan tempat, suara tidak berisik, namun bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan penyetelan celah katup sulit.
Side Valve atau SV |
Pada Mekanisme Katup ini, katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di blok silinder bagian samping bawah.
Keuntungan yang didapatkan dari Mekanisme Katup model ini adalah memiliki bentuk ruang bakar yang baik, namun kerugiannya adalah banyak komponen/bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi.
Over Head Valve atau OHV |
a. Satu Poros Kam di Kepala (Single Over Head Camshaft atau SOHC)
Pada konstruksi SOHC atau OHC, poros kam berada di kepala silinder dan\ langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun katup (B). Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi. Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun
Single Over Head Camshaft atau SOHC |
b. Dua Poros Kam Di Kepala (Double Over Head Camsaft atau DOHC)
Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk katup. Keuntungannya bentuk ruang bakar baik dan susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil, sehingga baik untuk motor putaran tinggi. Kerugiannya konsrtuksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit.
Double Over Head Camsaft atau DOHC |
Okee... Sekian saja ulasan tentang Bagian Mekanisme Katup pada Mesin Kendaraan kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Salam otomotif....