Senin, 08 Oktober 2018

Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo

Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo

Saputranett - Mungkin banyak yang belum tahu mengenai Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo. Oleh karena itu, postingan kali ini kita mencoba mengulas apa saja Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo berdasarkan dari beberapa sumber.

Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo

Prinsip kerja dari komponen Turbo adalah menggunakan energi dari gas buang mesin untuk menempatkan udara ke dalam mesin. Pada perangkat turbo ini terdiri dari dua bagian utama yaitu turbin dan kompresor. Kedua perangkat tersebut berkaitan sangat erat, sehingga ketika salah satunya berputar, yang lainnya juga ikut berputar.

Ketika bahan bakar dalam mesin terbakar, gas buang dipaksa keluar dari mesin pada tekanan tinggi, selanjutnya sebuah tabung memutar turbin. Turbin ini berputar pada kecepatan yang sangat tinggi, bahkan sampai 250.000 RPM dan menyebabkan kompresor ikut berputar sehingga menyebabkan aliran udara lebih banyak masuk ke dalam mesin daripada mesin non-turbo. Alhasil, tenaganya lebih besar.

Ketika turbo bekerja pada kecepatan yang sangat besar. Artinya, perangkat ini beroperasi di bawah tekanan dan suhu tinggi. Untuk mencegah risiko, biasanya intercooler dipasangkan dengan turbocharger untuk mendinginkan udara. Dan, sistem minyak pendingin juga memastikan turbo tidak bekerja terlalu panas.

Keuntungan penggunaan turbo yang paling umum adalah engine dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Namun, kelebihan tenaga tersebut sebenarnya merupakan satu dari sekian keuntungan lainnya.

Keuntungan lainnya dari mesin turbo adalah efisiensi bahan bakar. Mesin turbo bisa menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin non-turbo (biasa disebut normally-aspirated). Namun, dengan tenaga yang sama tersebut, bahan bakar yang digunakan justru lebih sedikit.

Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo

Meski begitu banyak keuntungan yang dihasilkan mesin turbo namun mesin diesel kerap mengalami masalah pada komponen turbo. Ada beberapa masalah yang sering dialami oleh komponen ini, kira-kira apa saja ya masalahnya?

Iwan Abdurahman, Workshop Department Head PT. Toyota Astra Motor Sunter, Jakarta Utara  mengatakan , “Masalah pertama yang sering dialami turbo mesin diesel adalah suara siulan dari baling-baling turbo.” Selain itu Iwan menambahkan, siulan terjadi akibat baling-baling rusak, seperti oleng, gompal, atau oblak. Yang biasanya karena usia pakai, tapi siulan tersebut hanya mengganggu telinga saja.

Masalah kedua turbo mesin diesel ini yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah masalah oli bocor dari sealent-nya, karena faktor usia. Sealent bocor akan mengakibatkan oli mesin jadi boros dan muncul asap putih dari knalpot. Jika didiamkan oli mesin bisa habis, akibatnya mesin bisa overheat dan lama-lama mesin bisa jebol.

Demikian informasi mengenai kerusakan dari mesin turbo, semoga dapat menambah wawasan tentang mesin turbo. Salam otomotif....