Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo
Saputranett - Mungkin banyak yang belum tahu mengenai Kerusakan
Kerusakan Pada Mesin Turbo. Oleh karena itu, postingan kali ini kita mencoba
mengulas apa saja Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo berdasarkan dari
beberapa sumber.
Prinsip kerja dari komponen Turbo adalah menggunakan energi dari gas buang
mesin untuk menempatkan udara ke dalam mesin. Pada perangkat turbo ini terdiri
dari dua bagian utama yaitu turbin dan kompresor. Kedua perangkat tersebut
berkaitan sangat erat, sehingga ketika salah satunya berputar, yang lainnya
juga ikut berputar.
Ketika bahan bakar dalam mesin terbakar, gas buang dipaksa
keluar dari mesin pada tekanan tinggi, selanjutnya sebuah tabung memutar
turbin. Turbin ini berputar pada kecepatan yang sangat tinggi, bahkan sampai
250.000 RPM dan menyebabkan kompresor ikut berputar sehingga menyebabkan aliran
udara lebih banyak masuk ke dalam mesin daripada mesin non-turbo. Alhasil,
tenaganya lebih besar.
Ketika turbo bekerja pada kecepatan yang sangat besar.
Artinya, perangkat ini beroperasi di bawah tekanan dan suhu tinggi. Untuk
mencegah risiko, biasanya intercooler dipasangkan dengan turbocharger untuk
mendinginkan udara. Dan, sistem minyak pendingin juga memastikan turbo tidak
bekerja terlalu panas.
Keuntungan penggunaan turbo yang paling umum adalah engine
dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Namun, kelebihan tenaga tersebut
sebenarnya merupakan satu dari sekian keuntungan lainnya.
Keuntungan lainnya dari mesin
turbo adalah efisiensi bahan bakar. Mesin turbo bisa menghasilkan tenaga
yang sama dengan mesin non-turbo (biasa disebut normally-aspirated). Namun,
dengan tenaga yang sama tersebut, bahan bakar yang digunakan justru lebih
sedikit.
Kerusakan Kerusakan Pada Mesin Turbo
Meski begitu banyak keuntungan yang dihasilkan mesin turbo
namun mesin diesel kerap mengalami masalah pada komponen turbo. Ada beberapa
masalah yang sering dialami oleh komponen ini, kira-kira apa saja ya
masalahnya?
Iwan Abdurahman, Workshop Department Head PT. Toyota Astra
Motor Sunter, Jakarta Utara mengatakan ,
“Masalah pertama yang sering dialami turbo mesin diesel adalah suara siulan
dari baling-baling turbo.” Selain itu Iwan menambahkan, siulan terjadi akibat
baling-baling rusak, seperti oleng, gompal, atau oblak. Yang biasanya karena
usia pakai, tapi siulan tersebut hanya mengganggu telinga saja.
Masalah kedua turbo mesin diesel ini yang perlu Anda
perhatikan selanjutnya adalah masalah oli bocor dari sealent-nya, karena faktor
usia. Sealent bocor akan mengakibatkan oli mesin jadi boros dan muncul asap
putih dari knalpot. Jika didiamkan oli mesin bisa habis, akibatnya mesin bisa
overheat dan lama-lama mesin bisa jebol.