Menggunakan mobil bertransmisi matic memang lebih mudah, apalagi dengan keadaan jalanan yang sedang macet. Apalagi mobil matic sekarang banyak yang memanjakan penemudi, namun di balik itu apabila terjadi kerusakan pada mobil matic, misalkan mogok ditengah jalan kadang menimbulkan problem tersendiri. Banyak rumor yang mengatakan bahwa mobil matic tidak boleh didorong. Hal ini
beredar di kalangan pengendara maupun pemilik mobil bertransmisi matic.
Katanya, mobil yang menggunakan transmisi matic akan mengalami kerusakan
jika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara didorong
atau diderek dalam keadaan mesin mati. Makanya, banyak pengendara yang
khawatir dan akhirnya tidak menggeser mobil matic-nya saat mengalami
mogok di jalan, meskipun ketika itu kondisi jalan kurang aman.
Kekhawatiran itu bermula dari pemahaman bahwa pelumasan
komponen-komponen di transmisi matic sangat mengandalkan cairan hidrolis
atau minyak transmisi otomatis.
Cairan hidrolis itu baru
bersirkulasi ketika mesin dihidupkan. Sebab, untuk men-sirkulasikan
cairan tersebut, dibutuhkan pompa hidrolik yang baru bisa bekerja pada
saat mesin hidup.
Memang benar bahwa peredaran cairan hidrolis untuk melumasi
komponen-komponen dalam transmisi sangat membutuhkan pompa hidrolis yang
baru bekerja saat mesin hidup. Tetapi, bukan berarti transmisi akan
mengalami kerusakan jika mobil dipindahkan ke tempat lain dalam keadaan
mesin mati.
Apabila mengalami mogok pada mobil matic ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.
1.Untuk sekadar didorong / digeser dari tengah jalan ke tepi jalan
atau tempat yang lebih aman, tidak akan ada pengaruh apa-apa terhadap
kondisi transmisi matic.
2.Untuk pemindahan mobil dengan cara diderek juga tidak berpengaruh
apa-apa sepanjang penderekannya memperhatikan kecepatan dan jarak tempuh
yang telah ditentukan.
3. Saat didorong atau diderek, pastikan posisi tuas transmisi pada posisi N (Netral).
Sabtu, 04 Mei 2013
Mendorong dan menderek mobil matic
Share this
Related Articles :
Terbaru
Ads
Kategori
Popular
-
Letak sensor pada Avanza/ Xenia 1. Vacuum switching Valve (EVAP) 2. Sensor Tekanan Absolut Manifold 3. Pompa nahan Bakar 4. Sensor...
-
Kendaraan ini dilengkapi dengan sistim kontrol mesin dan emisi yang dikontrol oleh ECM. Sistim kontrol mesin dan emision pada kendaraan ini ...
-
- Periksa jumlah bahan bakar - periksa pompa bahan bakar pada mesin EFI/ injeksi suara pompa biasanya terdengar. Apabila tidak terdengar n...
-
Fungsi - Penghubung poros propeler terhadap poros output transmisi , sambungan stir dan poros penggerak roda sesuai dengan sudut yang terja...