Kamis, 02 Mei 2013

Injection Nozzle mesin diesel

bagian bagian Nozzle

Injection nozzle terdiri nozzle
body dan needle dan berfungsi
untuk mengabutkan bahan bakar.
Antara nozzle body dan needle
dikerjakan dengan presisi dengan
toleransi 1/1000 mm karena
itu kedua komponen itu apabila
perlu diganti harus diganti secara
bersama






Tipe Injection Nozzle

Nozzle dapat diklasifikasikan :

- Hole type :
1. Single hole
2. Multiple hole

- Pin type :
3. Throttle
4. Pintle

Pada direct injection digunakan
injektor tipe multiple hole.
Pada precombustion chamber
dan swirl chamber digunakan
tipe pintle.


Kebutuhan untuk Menyetel Tekanan Injeksi

Tekanan injektor yang tidak tepat akan mengganggu saat injeksi dan volume injeksi.


Cara Kerja Injektor

1. Sebelum Penginjeksian 


Bahan bakar yang bertekanan tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui oil passage menuju oil pool pada bagian bawah nozzle body

2. Penginjeksian Bahan Bakar

Bila tekanan pada oil pool naik, ini akan menekan permukaan nozzle needle. Bila tekanan ini melebihi tegangan pegas, maka nozzle needle terdorong ke atas dan menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar.

3. Akhir Penginjeksian

Bila pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar, tekanan bahan bakar turun, dan pressure spring mengembalikan nozzle needle ke posisi semula (menutup saluran bahan bakar). Sebagian bahan bakar yang tersisa antara nozzle needle dan nozzle body, melumasi semua komponen dan kembali ke over flow pipe.