Disebut Mesin 4 langkah karena pada prinsipnya untuk memperoleh 1 kali tenaga diperlukan 4 kali gerakan naik turun torak/ piston.
Langkah atau disebut juga dengan siklus. Pada mesin 4 langkah ada 4 siklus yang terjadi yaitu :
- Langkah Hisap
- Langkah Kompresi
- Langkah Kerja
- Langkah Buang
Langkah Hisap:
Pada Langkah hisap ini bertujuan untuk memasukkan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar melalui katup masuk/ intake valve.
Prosesnya adalah :
- Piston bergerak dari Titik Mati atas (TMA) menuju titik Mati Bawah
- Katup In terbuka dan katup Buang tertutup.
- Poros engkol berputar 180 derajat
- Noken as berputar 90 derajat
- Karena terjadi perbedaan tekanan maka campuran bahan bakar terhisap masuk ke ruang bakar.
Gambar langkah hisap
Langkah kompresi
Pada langkah ini bertujuan untuk mengkompresikan/ memampatkan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.
Proses yang terjadi pada langkah kompresi :
- Piston bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju ke Titik Mati Atas (TMA)
- Katup hisap dan katup buang tertutup
- Campuran bahan bakar dan udara di mampatkan
- Sesaat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas busi memercikkan bunga api
- Pada saat ini poros engkol berputar 360 derajat
- Noken as/ camshaft berputar 180 derajat
Gambar Langkah Kompresi
Langkah Usaha/Tenaga
Pada langkah ini campuran bahan bakar dan udara terbakar dan meledak dan tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga mengakibatkan piston terdorong menuju ke Titik Mati Bawah.
Prosesnya adalah :
- Campuran bahan bakar dan udara terbakar
- Katup hisap dan katup buang tertutup
- Piston terdorong dan bergerak dari Titik Mati Atas menuju ke Titik Mati Bawah
- Putaran poros engkol 540 derajat
- Putaran noken as mencapai 270 derajat
Gambar Langkah Usaha/ Tenaga
Langkah Buang
Bertujuan untuk membuang sisa gas buang yang terbakar pada saat langkah usaha
Proses yang terjadi :
- Piston bergerak dari Titik Mati Bawah menuju Titik Mati Atas
- Katup Buang terbuka dan Katup Hisap tertutup
- Sisa gas buang terdorong keluar dari ruang bakar
- poros engkol melakukan 2 kali rotasi penuh ( 740 derajat )
-Noken as/ camshaft melakukan putaran 360 derajat
Gambar Langkah Buang