Senin, 17 Desember 2018

Pilih Air Aki Merah atau Biru?

Saputranett - Aki mobil adalah salah satu komponen penting pada mobil karena menjadi satu-satunya sumber daya listrik bagi mobil terutama saat mesin belum bekerja. Sudah menjadi kewajiba kita sebagai pengguna kendaraan untuk senantiasa merawat dan menjaga kondisi aki agar tetap dalam kondisi prima. Salah satu hal yang mudah untuk dilakukan adalah memeriksa ketinggian air aki secara teratur dan selalu menambahkannya jika berkurang merupakan salah satu contoh bentuk perawatan yang baik terhadap aki mobil.

Namun jangan salah pilih air aki, pasalnya ada dua jenis air aki  yang biasanya dibedakan dengan botol biru dan botol merah. Keduanya memiliki kandungan kimia dan fungsinya yang juga berbeda satu dengan yang lain.

Namun sebelumnya kita coba mengenal dulu kandungan dalam air aki tersebut atau bahasa lainnya adalah elektrolit.

Elektrolit aki merupakan campuran antara asam sulfat (SO4) dengan air (H2O) dengan komposisi campurannya adalah 65% air suling dan 35% asam sulfat akan menghasilkan berat jenis elektrolit sebesar 1,260 pada temperatur 20C sedangkan apabila komposisi campurannya adalah 63% air suling dan 37% asam suflat maka akan menghasilkan berat jenis elektrolit sebesar 1,280 pada temperatur 20o C

Berat jenis sendiri merupakan perbandingan kerapatan suatu zat dengan air. Berat jenis air nilainya adalah 1,0 maka apabila suatu zat berat jenisnya kurang dari 1 maka kerapatannya kurang dari kerapatan air.

Elektrolit baterai memiliki nilai asam yang sangat kuat sehingga dapat menyebabkan kulit terbakar (terasa panas) apabila cairan elektrolit terkena kulit. Oleh sebab itu apabila cairan elektrolit tersebut terkena kulit atau pakaian maka segera basuh dengan menggunakan air.

Pilih Air Aki Merah atau Biru?

Air aki botol merah / aki zuur

Pada pengisian baterai (aki) basah baru yang belum sama sekali diisi, maka lakukan pengisian baterai menggunakan elektrolit atau accu zuur (pada umumnya dikemas dalam kemasan warna merah) sampai batas upper level (batas atas). Air aki dengan botol merah ini sebaiknya tidak digunakan untuk menambahkan air aki pada mobil Anda karena akan menyebabkan perubahan berat jenis cairan didalam aki mobil anda.

Pilih Air Aki Merah atau Biru?

Air aki botol biru

Apabila anda ingin menambahkan volume air aki di mobil, gunakan air aki dengan botol berwarna biru ini. Pasalnya, air aki dengan botol biru ini memang khusus digunakan untuk menambah volume air aki. Bila jumlah air baterai berkurang dibawah batas bawah (lower level) karena penggunaan maka lakukan pengisian ulang dengan menggunakan air suling (biasanya dikemas dengan kemasan warna biru) sampai batas atas. Air aki dengan botol biru ini memiliki kandungan cairan yang lebih ramah karena ia tidak merubah berat jenis  dan kandungan H2SO4 yang sudah ada dalam aki sebelumnya. Air aki botol biru pada dasarnya air suling alias air murni yang sudah bebas logam akibat proses pemurnian dan demineralisasi yang dilakukan saat air aki ini di produksi

Di dalam baterai terdapat 6 buah sel yang nama setiap sel dibatasi dengan separator sehingga elektrolit baterai antara setiap sel tidak dapat bercampur. Sehingga lakukan penambahan air suling pada setiap sel apabila jumlah elektrolit baterai kurang dari batas lower level. Lakukan penambahan dengan melepas keenam tutup baterai lalu tuangkan air suling ke masing-masing lubang sel baterai.

Jangan melakukan penambahan dengan menggunakan elektrolit karena akan menaikkan kadar asam sulfatnya sehingga baterai akan mudah rusak.

Jadi tidak bingung lagi khan dalam memilih Air Aki Merah atau Biru? Sekian saja informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat selalu.

Salam otomotif....