Minggu, 29 September 2013

Fundamental of Electricity


Listrik Statis 


Apabila listrik statis (tidak bergerak) dalam suatu bahan, maka ia disebut listrik statis (static electricity). Bila sebuah batang kaca digosokkan dengan kain sutera, maka pemukaan batang kaca & kain sutera akan terisi dengan listrik. Pengisian  listrik pada batang kaca & kain sutera tidak bergerak kecuali jika batang & kain tersebut digerakan saling mendekat atau di hubungkan dengan bahan penghantar.

Listrik Dinamis

Listrik dinamis adalah suatu keadaan dimana terjadinya pergerakan dari elektron-elektron bebas melalui suatu konduktor


Listrik arus searah (DC) adalah bila elektron-elektron bebas melalui konduktor
Listrik arus bolak-balik (AC) adalah bila elektron-elektron bebas bergerak dengan arah yang bervariasi.
 Tegangan Listrik


 
Bila dua buah tangki air yang berbeda tingginya dihubungkan oleh pipa, air akan mengalir dari tangki yang tinggi ke tangki yang lebih rendah.
Hal ini disebabkan oleh adanya head (perbedaan tinggi) sehingga terjadi perbedaan tekanan (beda potensial).
Tahanan Penghantar


Tangki-tangki dengan ketingian sama tetapi dihubungkan oleh pipa-pipa dengan diameter bebeda. Meskipun ketinggiannya sama, tetapi air akan lebih mudah mengalir pada tangki-tangki yang dihubungkan dengan pipa yang lebih besar.
 Pengaruh temperatur terhadap tahanan penghantar



Tahanan listrik pada konduktor akan berubah-ubah dengan adanya perubahan temperatur, biasanya tahanan akan naik bila temperatur naik.
Bila sebuah lampu dihubungkan dengan battery melalui kawat, & kawat tersebut kemudian dipanaskan dengan api, maka lampu akan menjadi redup.