Komponen Suspensi belakang Isuzu panther.
- Pegas daun
- Shock Absorber
- Knuckle
- U bolt
Pembongkaran Suspensi belakang Isuzu panther
langkah langkah pembongkaran
1. mur dan washer
2. mur dan washer
3. peredam kejut
4. mur dan washer
5. baut U
6. lower clamp
7. mur dqn washer
8. mur dan washer
9. segel/ shackle
10. segel/shackle
11. bushing karet
12. bushing karet
13. mur dan washer
14. mur, washer dan pegas pin
15. bushing
16. pegas daun
17. baut dan bump rubber
operasi penting dalam pembongkaran suspensi belakang isuzu panther
Naikkan sumbu roda belakang dan letakkan penyangga ( jack stand ) pada ujung depan dekat braket pegas belakang.
lepas shock breaker
- perhatian: shock breaker Isuzu Panther telah di isi gas oleh pabrik. Suhu tinggi dan nyalaapi terbuka dapat menyebabkan ledakan. jauhkan dari suhu tinggi dan nyala api yang terbuka.
lepas U bolt.
-pada waktu melepas U bolt usahakan untuk melepas baut secara silang.
naikkan chasis agar clamp dapat terpisah daripegas daun.
lepas mur shackle ( anting per daun ), pukul pelan pelan dengan palu dan batang kuningan agar baut shackle tidak rusak.
Lepaskan mur dan dorong keluar dari pena pegas dengan palu menggunakan drift kuningan.
pemeriksaan dan perbaikan suspensi belakang Isuzu Panther
Lakukan penggantian onderdil apabila didalam pemeriksaan dan perbaikan ditemukan komponen yang aus atau kondisi abnormal.
pemeriksaan visual
- periksa kondisi komponen komponen yang ada di sebelah dari keausan, kerusakan atau kondisi abnormal lainnya.
Penggantian pegas daun
- berilah tanda pengesetan pada pegas sebelum membongkar rangkaian pegas.
- beri grease pada kedua muka masing masing pegas daun
- gunakan bench press untuk membongkar dan memasang kembali.
- ganti baut tengah, jangan gunakan yang lama
- momen baut tengah 29,4 N-m
Pena shackle
- diameter shackle pin 17.93 - 18.00 mm
Diameter pena pegas
- standart 17,80 - 18.00 mm
Peredam kejut
- periksa kondisi peredam kejut dengan cara menggerakkan naik turun. Apabila selama digerakkan tidak ada tahanan maka peredam kejut mengalami kerusakan.
pegas daun
- kelompok pegas daun harus dipasang pada yang paling pendek (a/jarak antara baut tengah dengan bagian tengah dari mata pegas) mengarah ke depan.
pasang mur dan washer sesuai dengan momen spesifikasi
Bushing karet
- beri grease pada bushing di dalam dan diluar
- pasang bushing dan colar pada pegas daun
- kencangkan baut dan mur shackle
Pasang U bolt dan mur
- paa waktu memasang baut oleskan oli secukupnya untuk mencegah kerusakan ulir
- momen pengencangan 65,7 - 66 N-m
Peredam kejut
- lihat gambar untuk pemasangan komponen
- momen pengencangan 39,2 N-m