Jumat, 10 Mei 2013

Penanganan sistem SRS AIRBAG Avanza

PERINGATAN:
- Kendaraan ini dilengkapi dengan Supplemental Restraint System (SRS), yang terdiri dari airbag pengemudi, dan airbag penumpang depan. Kesalahan salah satu tahapan dalam menangani pekerjaan servis, bisa menyebabkan SRS menggembung secara tidak diduga selama perbaikan itu, menjadi penyebab utama kecelakaan serius. Selain itu, bila terjadi kesalahan dalam perbaikan SRS, mungkin akan membuat SRS tidak bekerja ketika dibutuhkan. Sebelum melakukan perbaikan (termasuk melepas atau memasang part, pemeriksaan atau penggantian), pastikan untuk membaca beberapa item berikut ini dengan seksama, kemudian ikuti prosedur yang benar seperti telah ditunjukkan dalam pedoman reparasi.
 - Putar switch pengapian ke OFF, kemudian lepaskan kabel terminal negatif (-) baterai dari baterai, dan tunggu minimal selama 90 detik sebelum memulai pekerjaan.
(SRS dilengkapi dengan sumber daya cadangan, sehingga bila pekerjaan itu dimulai masih dalam waktu 90 detik dari pelepasan kabel terminal negatif (-) baterai, SRS bisa menggembung).
 - Setelah melepas terminal negatif baterai, pastikan bahwa tidak ada seorang pun di dalam kabin, sebelum memutar switch pengapian ke ON, untuk menghindari kecelakaan akibat dari airbag yang menggembung secara tak terduga.
 - Kosongkan listrik statis dari badan Anda sebelum mengawali pekerjaan reparasi, untuk mencegah air menggembung secara tak terduga.
 - Jangan mengenai secara langsung dengan udara panas atau api pada steering pad, airbag penumpang depan assembly, sensor airbag tengah atau sensor airbag depan.

PERHATIAN:
- Gejala malfungsi dari SRS sulit dipastikan, jadi DTC menjadi sumber informasi sangat penting dalam memecahkan masalah troubleshooting pada SRS. Ketika melakukan troubleshooting SRS, periksalah selalu DTC sebelum melepaskan baterai.
- Meski dalam kasus tabrakan kecil saat SRS tidak meledak, beberapa part berikut harus diperiksa.
1. Steering pad
2. Airbag assembly penumpang depan
3. Sensor airbag tengah assembly
4. Sensor airbag depan
- Sebelum pekerjaan perbaikan, lepas sensor airbag bila terjadi benturan pada sensor airbag saat bekerja.
- Jangan pernah memakai part SRS dari kendaraan lain. Bila mengganti part, gantilah dengan part baru.
- Jangan pernah menyembunyikan atau memperbaiki berbagai komponen berikut dengan maksud untuk memakainya lagi. Jika terdapat komponen ini yang terjatuh, atau ditemukan cacat (seperti patah, bengkok atau cacat lainnya) dalam pelbagai housing, braket atau konektor,` maka gantilah komponen itu dengan yang baru.
1. Steering pad
2. Airbag assembly penumpang depan
3. Sensor airbag tengah assembly
4. Sensor airbag depan
- Gunakan volt/ohmmeter dengan tahanan tinggi (minimum10 kΩ/V )untuk troubleshooting sirkuit kelistrikan
- Label informasi disertakan dalam peripheral komponen SRS. Ikuti petunjuknya dalam perhatian itu
- Setelah pekerjaan perbaikan selesai, tampilan lampu peringatan SRS
- Ketika kabel terminal negatif (-) telah terlepas dari baterai, memori akan terhapus. untuk itu, buat catatan yang tersimpan dalam setiap sistem sebelum memulai pekerjaan. ketika pekerjaan telah selesai, setting ulang setiap sistem seperti sebelumnya. Jangan pernah menggunakan sumber daya cadangan dari luar kendaraan untuk mencegah terhapusnya memori dalam beberapa sistem
- Perhatikan penanganan sistem komunikasi mobile bila kendaraan dilengkapi dengan sistem itu.

PETUNJUK
Dalam sistem airbag, center airbag sensor assembly, sensor airbag depan LH dan RH adalah referensi secara kolektif untuk sensor airbag.

LANGKAH KERJA
1. Peringatan penanganan untuk sensor airbag
- Sebelum memulai pekerjaan berikut, tunggu minimal 90 detik setelah melepaskan kabel terminal negatif (-) dari baterai.
- Ketika menghubungkan atau melepaskan konektor sensor airbag, pastikan tiap sensor telah terpasang dalam kendaraan.
- Jangan menggunakan sensor airbag yang telah terjatuh selama dibawa atau dalam pekerjaan.
- Jangan melepas sensor airbag.

2. Periksa prosedur untuk kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan.
Ketika airbag tidak menggembung, konfirmasi adanya DTC dengan cara memeriksa lampu peringatan SRS. Jika terdapat malfungsi apapun dalam sistem SRS airbag, lakukan troubleshooting.
- Ketika airbag telah digembungkan, ganti sensor airbag dan periksa kondisi pemasangannya.

3.Konektor SRS 
- Konektor SRS diletakkan seperti yang terlihat dalam gambar. 

 

- Semua konektor dalam SRS diwarnai kuning untuk membedakan konektor itu dengan lainnya. Beberapa konektor mempunyai fungsi spesial, dan telah didesain secara spesifik untuk SRS. Konektor tersebut menggunakan terminal berlapis emas yang tahan lama, dan telah ditempatkan dalam lokasi yang tampak pada halaman sebelumnya untuk memastikan daya tahan yang tinggi.