Selasa, 30 April 2013

bahan rangka sepeda motor

Sepeda motor banyak sekali ragam dan bentuknya . Namun secara umum komponen utama sepeda motor terbagi menjadi beberapa bagian yaitu rangka, mesin dan bodi. Penopang utama adalah rangka. Ditinjau dari segi struktur atau bentuk rangka mempunyai fungsi antara lain harus mampu menempatkan dan menopang mesin, transmisi, suspensi dan sistem kelistrikan, serta komponen-komponen lain yang ada dalam sepeda motor. Oleh karena itu rangka sebaiknya kuat dan kaku tapi ringan. Sedangkan jika ditinjau dad segi geometri, rangka harus sesuai dengan geometri yang diinginkan sistem kemudi dan suspensi. Rangka juga harus mampu menjaga roda tetap sejajar lurus antara depan dan belakang. Bahan utama rangka sepeda motor adalah plastik dan logam. Bagian rangka yang terbuat dari plastik misalnya penahan angin, penutup rangka dan pelindung roda. Sedangkan bagian utama yang terbuat dari logam, misalnya rangka utama, kemudi, lengan ayun dan dudukan mesin.
Teknologi rangka sepeda motor dapat dikatakan tidak mengalami perkembangan yang pesat. Sejak dulu konstruksi rangka relatif sama. Bentuk komponen rangka pada dasarnya ada tiga macam, yaitu silinder (contohnya penghubung rangka dan poros kemudi), persegi (contohnya lengan ayun), dan plat (contohnya dudukan jok). Rangka berkaitan erat dengan bodi. Oleh karena itu bentuk rangka mempengaruhi bentuk bodi motor. Kalau terjadi kerusakan pada rangka, maka akan menimbulkan kerusakan pada bodi juga karena bodi menempel pada rangka.

bagian bagian rangka

jenis jenis rangka sepeda motor dibedakan dari bahannya
1. rangka dari pipa besi/ steel tube frame
Rangka ini banyak digunakan pada sepeda motor. terbuat dari pipa besi yang di bentuk menggunakan mesin press hidrolik.Penggunaan rangka jenis ini tidak hanya pada motor sport tetapi juga digunakan pada sepeda motor bebek ataupun motor matic.
Rangka yang terbuat dari pipa besi ini tidak hanya mengandalkan bentuk pipa saja tetapi ada juga yang besi digunakan berbentuk kotak. bahan dari pipa inilah yang saat ini banyak digunakan pada sepedo motor yang diproduksi di Indonesi.


2. rangka dari plat besi/ steel plate frame
Rangka jenis ini terbuat dari lembaran plat yang ditekuk. jenis ini saat ini sudah jarang di gunakan. Pada sepeda motor produksi sebelum tahun 1990 an masih banyak yang menggunakan rangka yang terbuat dari plat besi.
Selain digunakan pada sepeda  motor baik tipe sport atau bebek rangka yang terbuat dari plat besi juga digunakan pada scooter, misalkan pada vespa.


3. kombinasi dari pipa besi dan plat
Rangka ini gabungan antara pipa besi dengan plat besi, sama seperti rangka yang terbuat dari plat besi, rangka jenis ini sudah mulai ditinggalkan


4. rangka almunium alloy

Penggunaan rangka yang terbuat dari almunium alloy mulai banyak digunakan pada sepeda motor modern karena mempunyai beberapa keuntungan. Bobotnya yang ringan menjadi alasan utama digunakan bahan dari almunium alloy. Selain mempunyai keuntungan bahan dari almunium alloy juga punya kelemahan pada segi harga. Sehingga sepeda motor yang menggunakan rangka dari bahan almunium allor harga nya mahal.