Minggu, 14 April 2013

Mendongrak mobil dengan aman

Mendongkrak mobil dengan aman kadang tidak iperhatikan oleh orang. Padahal secara jujur mau tidak mau seorang pengemudi mobil pastinya harus menguasai cara cara mendongkrak mobil. Entah akan mengganti ban mobil ataukah sekedar memeriksa bagian bawah mobil.
Perlu diperhatikan bahwa mendongkrak mobil adalah pekerjaan yang berisiko tinggi.
Dibawah adalah tips untuk mendongkrak mobil.

1. Tempat mendongkrak

Carilah tempat sedatar mungkin dan hindari daerah yang menanjak atau yang menurun. Cari daerah yang lapang. Tempat meletakkan dasar dongkrak haruslah keras misalnya pada aspal atau beton. Apabila tana nya lembek maka diperlukan alas yang keras.

2. Kunci mobil

Tujuannya adalah agar mobil tidk bergerak maju atau mundur.
- Ganjal ban mobil menggunakan kayu atau batu, posisinya didepan dan belakang ban mobil
- aktifkan rem parkir/hand rem
- kalau ada penumpang di dalam mobil disuruh keluar terlebih dahulu agar mobil tidak bergoyang
- apabila menggunakan transmisi manual maka masukkan pada gigi 1
- apabila menggunakan transmisi automatic maka posisikan pada P
- luruskan ban depan

3. Siapkan perlatan manual mobil

- Persiapkan semua peralatan yang nantinya dibutuhkan seperti kunci-kunci mobil, dongkrak dan pengungkit, jackstand mobil, buku manual mobil.
- Manual mobil, cari pada buku manual letak titik dongkrak terbaik mobil (ini sangat penting untuk menghindari selip atau kerusakan komponen), biasanya pada manual mobil juga terdapat jenis dongkrak yang digunakan (gunting atau tiang).
- Biasanya tempat mendongkrak mobil ada di daerah batang gardan dekat suspensi atau rangka utama atau sasis mobil, untuk suspensi jenis beam hindari mendongkrak pada batang suspensi belakang. Jangan meletakkan ujung dongkrak pada permukaan tumpuan yang tidak rata (miring) ini berpotensi terjadi selip saat didongkrak.

4. Beberapa hal yang harus dihindari saat mendongkrak


- Jangan memasukkan anggota bagian tubuh ke kolong mobil saat mendongkrak, dongkraklah dari luar mobil dengan menggunakan pengungkit yang cukup panjang.
- Hindari mendongkrak mobil dengan ketinggian ban lebih dari 15 cm terangkat dari tanah, penggunaan yang lebih tinggi akan menyebabkan mobil mudah goyang
- Hindari melakukan aktifitas berat yang dapat mengguncang mobil dengan kuat.

- Hindari dongkrak terlalu lama, jika  membutuhkan waktu yang cukup lama untuk posisi mobil terangkat maka lebih baik gunakan jackstand mobil. hal ini diperlukan karena dongkrak pada dasarnya hanya alat untuk mengangkat dan tidak aman terlalu lama digunakan terlebih jika  menggunakan dongkrak hidrolik, hal-hal seperti kebocoran hidrolis bisa terjadi. Pastikan pasang segitiga pengaman saat mendongkrak mobil apabila pekerjaan ini dilakukan dijalan raya.