Kamis, 18 April 2013

Gejala awal kerusakan mobil

Pasa waktu menjalankan mobil kadangkala pengemudi tidak terlalu memperdulikan ada beberapa bunyi mobil mencurigakan yang keluar dari mobil ketika mengemudi karena mobil juga masih dapat berjalan normal. Bunyi yang mencurigakan tersebut harus diwaspadai karena sesuatu yang ganjil bisa saja terjadi pada mobil anda dan dapat menyebabkan kecelakaan. Atau paling tidak dapat mencegah mobil mengalami kerusakan yang cukup parah dan mengeluarkan biaya tambahan.

Sebaiknya jika anda mendengar suara suara yang tidak biasa ketika mengemudi mobil langsung anda bawa ke bengkel mobil terdekat. Terlebih lagi mobil yang melibas genangan air mengingat sekarang adalah musim penghujan. Jadi timbulnya suara seperti gemuruh, berdecit, mendengung adalah hal yang mungkin terjadi. Oleh karena itu segeralah bawa kesayangan anda ke bengkel mobil terdekat.

Beberapa Deteksi Bunyi Kerusakan Mobil

1. Suara Mendengung Di Mesin

Langkah pertama periksalah van belt mungkin ikatannya terlalu kencang. Dan bila hal ini dibiarkan bisa mengakibatkan komponen ini bisa putus sehingga water pump dan altenator (dinamo ampere) tidak dapat berkerja dengan baik. Setelah itu mesin mobil akan mengalami overheating atau kepanasan. Jika sudah seperti itu kemungkinan mobil anda mogok akan semakin besar. Selain itu keadaan van belt yang kendor juga akan menimbulkan bunyi mencurigakan lainnya seperti bunyi mencicit tetapi memiliki efek yang sama seperti jika van belt terpasang terlalu kencang.

2. Suara Mendengung Di Roda

Biasanya suara ini baru terdengar jika mobil digunakan dalam kecepatan tinggi di atas 40 km / jam. Hal yang perlu dilakukan adalah mengecek bagian kaki kaki mobil bagian depan maupun belakang. Tergantung sumber suara dengung roda mobil, jika terdengar dari depan maka cek roda bagian depan mobil begitu juga sebaliknya. Kemungkinan yang terjadi yaitu bearing roda sudah aus ataupun permukaan roda yang sudah tidak rata lagi.

3. Suara Berisik Seperti Benda Logam Berubrukan Pada Bagian Depan Mobil

Suara ini bisa muncul atau terdeteksi ketika mobil anda melintasi jalanan yang tidak rata atau berlubang. Periksalah bagian kaki kaki mobil lebih utama pada bagian tierod dan end rod. Kemungkinan komponen pada bagian ini sudah aus atau sudah tidak presisi lagi.

4. Suara Kasar Pada Mesin Ketika AC Dihidupkan

Periksa kompresor AC, kemungkinan ada bearing kompresor AC yang rusak atau oli kompresor bermasalah (ada kebocoran). Jika dibiarkan akan membuat kerusakan pada kompresor itu sendiri.

5. Suara Kasar Seperti Logam Berbenturan

Suara ini biasa terjadi pada mobil yang memiliki roda penggerak belakang seperti BMW dan Mercedes Benz. Langkah pertama untuk mendeteksinya adalah dengan memeriksa propeller shaft (kopel), kemungkinan cross joint kondisinya sudah aus bahkan bisa saja pecah dan perlu diganti dengan yang baru. Selain menimbulkan suara yang kasar, body mobil bisa saja ikut bergetar terlalu kencang karena propeller shaft tidak lagi seimbang.